Kompas.com - 15/10/2021, 11:42 WIB
Mengalami diare sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas harian kita. Namun, ada beberapa hal yang dapat memberikan kenyamanan ketika kita mengalami diare, termasuk memilih makanan untuk diare. SHUTTERSTOCK/SHISU_KAMengalami diare sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas harian kita. Namun, ada beberapa hal yang dapat memberikan kenyamanan ketika kita mengalami diare, termasuk memilih makanan untuk diare.

KOMPAS.com - Ketika mengalami diare, frekuensi buang air besar kita menjadi lebih sering dan kotoran bertekstur cair.

Mengalami diare sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas harian kita. Namun, ada beberapa hal yang dapat memberikan kenyamanan ketika kita mengalami diare, termasuk memilih makanan untuk diare.

Gejala diare

Mengonsumsi makanan untuk diare dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.SHUTTERSTOCK/KITTISAK JIRASITTICHAI Mengonsumsi makanan untuk diare dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.
Salah satu gejala diare paling umum adalah buang air besar cair. Namun, gejala diare sebetulnya tak hanya itu.

Beberapa gejala diare lainnya seperti

  • Kram perut
  • Mual
  • Perut kembung dan nyeri
  • Urgensi buang air besar

Mengonsumsi makanan untuk diare dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Menurut Verywell Health, elektrolit adalah mineral dalam cairan tubuh kita, seperti natrium dan kalium. Cairan tersebut membawa kimia penting yang dibutuhkan untuk detak jantung, sinyal, saraf, dan fungsi lainnya.

Pilihan makanan untuk diare dapat membantu mengurangi jumlah kotoran yang tidak tercerna di usus besar kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usus besar adalah bagian terakhir saluran pencernaan sebelum kotoran meninggalkan tubuh kita. Lebih sedikit residu artinya lebih sedikit buang air besar yang mendesak.

Makanan yang bergerak perlahan melalui sistem pencernaan akan memberikan lebih banyak waktu untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan meredakan diare.

Baca juga: Metode Ampuh untuk Redakan Diare yang Mengganggu

Makanan untuk diare

Menurut Medical News Today, pada masa pemulihan diare, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rasanya cenderung hambar, sederhana, dan mudah dicerna, sehingga mudah menyerap air dari kotoran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.