Kompas.com - 15/10/2021, 13:29 WIB
Mengurangi porsi makan, camilan, dan memilih makanan rendah kalori akan membuat kita mengonsumsi total kalori lebih sedikit. UNSPLASH/LOUIS HANSELMengurangi porsi makan, camilan, dan memilih makanan rendah kalori akan membuat kita mengonsumsi total kalori lebih sedikit.

KOMPAS.com - Kampanye mindful eating kini marak disebarkan oleh para praktisinya termasuk ahli nutrisi.

Pola makan ini dianggap kaya manfaat untuk kesehatan fisik termasuk efektif menurunkan berat badan.

Mindful eating alias makan berkesadaran adalah praktik yang dikembangkan dari pola meditasi gaya Buddha. Metode ini mengajarkan kita untuk mempertahankan kesadaran soal makanan dan minuman yang dimasukkan ke tubuh.

Hal ini juga termasuk memahami bagaimana makanan memberikan rasa, kepuasan dan perasaan kenyang bagi kita.

Mindful eating mengharuskan kita menjadi lebih peka atas segala aspek soal makanan tersebut bagi dari segi rasa, tekstur dan manfaatnya.

Bukan hanya berpatokan pada perasaan, pikiran dan sensasi tubuh ketika makan, seperti yang banyak dilakukan saat ini. Mindful eating tidak hanya soal makan saja namun juga proses membeli, menyiapkan, dan menyajikan makanan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mindful Eating, Konsep Makan Berkesadaran yang Kaya Manfaat

Mindful eating untuk menurunkan berat badan

Banyak orang menganggap makan hanya sebagai kebutuhan belaka dan sering melakukannya terburu-buru. Kita makan sambil nonton televisi, sembari bekerja atau dalam perjalanan sehingga pengalamannya tidak utuh.

Seringkali, kita juga makan hanya demi memuaskan kebutuhan emosional, untuk menghilangkan stres, atau mengatasi emosi yang tidak menyenangkan seperti kesedihan, kecemasan, kesepian, atau kebosanan.

Mindful eating alias makan berkesadaran menghilangkan semua praktik buruk ini sehigga kita mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Salah satunya, kita akan semakin memahami tubuh dan kebutuhannya sehingga dapat menghindari makan berlebihan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.