Kompas.com - 15/10/2021, 16:53 WIB

KOMPAS.com - Lemak perut, atau juga dikenal sebagai lemak visceral merupakan lemak yang terletak di bawah dinding perut, di sekitar organ hati, perut, dan usus.

Lemak pada perut tidak hanya memperburuk penampilan, melainkan juga berisiko bagi kesehatan kita.

Harvard Medical School menyatakan, jumlah lemak perut yang membandel dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, demensia, dan kanker.

Baca juga: Karbohidrat Olahan, Penyebab Utama Lemak Perut

Guna mengurangi risiko penyakit yang disebutkan, kita harus menerapkan kebiasaan berikut dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengurangi asupan gula

Salah satu penyumbang terbesar lemak perut adalah diet tinggi gula tambahan (terutama minuman manis) dan karbohidrat sederhana yang berubah menjadi gula dalam tubuh secara cepat.

"Fruktosa, atau gula, menyebabkan sel-sel lemak matang lebih cepat, khususnya di lemak visceral," demikian pernyataan Cleveland Clinic.

"Diet yang diisi soda atau minuman yang mengandung fruktosa tidak hanya meningkatkan asupan kalori, tetapi juga memengaruhi perkembangan lemak perut."

Dalam mengurangi lingkar pinggang, berhenti mengonsumsi minuman dan jus bergula, biji bijian olahan, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan.

2. Sering berolahraga

Diet saja tidak dapat mengurangi lemak perut jika tidak dibarengi olahraga, kata para ahli.

"Olahraga bekerja untuk menghilangkan lemak perut karena mengurangi tingkat sirkulasi insulin dan menyebabkan organ hati menggunakan asam lemak, terutama yang dekat dengan timbunan lemak visceral."

Baca juga: Cara Mudah Ukur Lemak Perut Berlebih

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.