Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2021, 19:33 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masker menjadi salah satu kebutuhan yang tak terelakkan selama pandemi Covid-19.

Masker wajib digunakan demi menjaga kesehatan dan terhindar dari paparan virus corona, khususnya ketika beraktivitas di luar rumah. Membeli masker pun menjadi rutinitas yang cukup berpengaruh pada kondisi keuangan.

Banyak dari kita harus mengalokasikan dana yang cukup besar untuk berbelanja masker. Sementara itu, pemasukan semakin terbatas karena perekonomian yang juga belum stabil akibat pandemi.

Harga masker yang berkualitas dengan daya saring tinggi seperti KF94 atau KN95 juga tidak murah bagi semua orang.

Karena situasi ini, banyak orang yang berusaha memperpanjang usia masker yang dipakainya dengan cara memakainya berulang kali. Satu buah masker biasanya bisa dipakai hingga berhari-hari dan baru dibuang apabila kondisinya sudah benar-benar buruk.

Di sisi lain, banyak juga yang membagikan tips agar maskernya bisa dipakai berulang kali. Misalnya saja menyimpannya di paper bag atau plastik selama beberapa waktu sampai dipakai kembali.

Rupanya, kebiasaan ini amat sangat tidak dianjurkan dari kacamata kesehatan.

Baca juga: Efek Memakai Masker yang Kotor

 

Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengatakan sebaiknya masker hanya digunakan satu kali saja.

Durasinya juga tidak boleh terlalu panjang, sekitar 4-6 jam saja. Ia mengatakan, aktivitas yang kita jalani juga menjadi pertimbangan penting berapa lama masker tersebut bisa dipakai.

"Tidak boleh dipakai berulang kali, setelah sekian jam harus diganti, jika rusak atau basah karena fungsinya tidak optimal lagi sebagai respirator," terangnya dalam virtual press conference peluncuran 3M Particulate Respirator 9013 KF94, Jumat (15/10/2021).

Pakar kesehatan paru-paru ini mengatakan paper bag seharusnya hanya dipakai untuk menyimpan masker sesaat sebelum dipakai kembali. Misalnya saja ketika harus melepaa masker sebentar saat sedang makan atau pergi ke kamar mandi.

"Jadi bukan disimpan di paper bag selama berhari-hari ya karena malah bisa terpapar virus dan bakteri," tambahnya.

Ia juga memgingatkan untuk berhati-hati ketika meletakkan masker yang akan atau sudah dipakai. Jika gegabah, perlengkapan kesehatan itu malah bisa jadi sarana penularan virus.

Contohnya ketika diletakkan di atas meja begitu saja saat sedang makan atau titik rentan lainnya. Menurutnya, kita harus berhati-hati dalam menggunakan masker bukan hanya demi mencegah terinfeksi COVID-19 namun juga menjaga kondisi paru-paru sebagai organ penapasan.

Baca juga: Masih Sering Dilakukan, 6 Kesalahan dalam Memakai Masker

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com