Kompas.com - 15/10/2021, 19:33 WIB
Ilustrasi mengenakan masker shutterstockIlustrasi mengenakan masker

KOMPAS.com - Masker menjadi salah satu kebutuhan yang tak terelakkan selama pandemi Covid-19.

Masker wajib digunakan demi menjaga kesehatan dan terhindar dari paparan virus corona, khususnya ketika beraktivitas di luar rumah. Membeli masker pun menjadi rutinitas yang cukup berpengaruh pada kondisi keuangan.

Banyak dari kita harus mengalokasikan dana yang cukup besar untuk berbelanja masker. Sementara itu, pemasukan semakin terbatas karena perekonomian yang juga belum stabil akibat pandemi.

Harga masker yang berkualitas dengan daya saring tinggi seperti KF94 atau KN95 juga tidak murah bagi semua orang.

Karena situasi ini, banyak orang yang berusaha memperpanjang usia masker yang dipakainya dengan cara memakainya berulang kali. Satu buah masker biasanya bisa dipakai hingga berhari-hari dan baru dibuang apabila kondisinya sudah benar-benar buruk.

Di sisi lain, banyak juga yang membagikan tips agar maskernya bisa dipakai berulang kali. Misalnya saja menyimpannya di paper bag atau plastik selama beberapa waktu sampai dipakai kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rupanya, kebiasaan ini amat sangat tidak dianjurkan dari kacamata kesehatan.

Baca juga: Efek Memakai Masker yang Kotor

 

Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengatakan sebaiknya masker hanya digunakan satu kali saja.

Durasinya juga tidak boleh terlalu panjang, sekitar 4-6 jam saja. Ia mengatakan, aktivitas yang kita jalani juga menjadi pertimbangan penting berapa lama masker tersebut bisa dipakai.

"Tidak boleh dipakai berulang kali, setelah sekian jam harus diganti, jika rusak atau basah karena fungsinya tidak optimal lagi sebagai respirator," terangnya dalam virtual press conference peluncuran 3M Particulate Respirator 9013 KF94, Jumat (15/10/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.