Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 09:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Sebagai kelompok yang rentan, ibu hamil dan menyusui perlu mendapatkan perlindungan dari infeksi Covid-19 lewat vaksinasi. Untuk mempermudah akses bagi ibu hamil dan menyusui mendapatkan vaksin, Hallobumil berkolaborasi dengan RSIA Bunda Jakarta mengadakan kegiatan vaksinasi Covid-19.

"Kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan RSIA Bunda untuk melakukan program vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui dan niatan ini pun disambut positif,” kata Mia Argianti selaku Head of Hallobumil, aplikasi kehamilan dan parenting.

Selain itu, program vaksinasi ini juga bisa dilakukan untuk perempuan yang sedang melakukan program kehamilan.

Kepala Obstetri dan Ginekologi RSIA Bunda Jakarta, dr. Nana Agustina, SpOG menerangkan ada tiga jenis vaksin yang bisa diberikan pada ibu hamil, yaitu Sinovac, Moderna, dan Pfizer, yang masing-masing diberikan dua dosis.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini ibu hamil dan menyusui tak perlu meminta surat rujukan pada dokter untuk melakukan vaksinasi.

“Sehingga para ibu hamil dan menyusui bisa langsung otomatis melakukan vaksinasi Covid-19 di tempat yang tersedia,” kata Nana.

Walau begitu, ibu hamil dan menyusui yang ingin divaksin harus dalam kondisi yang sehat dan baik, antara lain tekanan darah normal dan tidak ada kondisi kelainan kesehatan. Ibu hamil juga baru bisa melakukan vaksinasi setelah usia kehamilan 13 minggu.

Baca juga: Satgas: Vaksin untuk Ibu Hamil Bisa Diberikan Setelah Usia Kandungan 13 Minggu ke Atas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com