Kompas.com - 16/10/2021, 09:18 WIB
Seorang ibu hamil sedang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Kalbe dan Kompas Gramedia di Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021). Dok. Kompas GramediaSeorang ibu hamil sedang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Kalbe dan Kompas Gramedia di Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021).

KOMPAS.com - Sebagai kelompok yang rentan, ibu hamil dan menyusui perlu mendapatkan perlindungan dari infeksi Covid-19 lewat vaksinasi. Untuk mempermudah akses bagi ibu hamil dan menyusui mendapatkan vaksin, Hallobumil berkolaborasi dengan RSIA Bunda Jakarta mengadakan kegiatan vaksinasi Covid-19.

"Kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan RSIA Bunda untuk melakukan program vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui dan niatan ini pun disambut positif,” kata Mia Argianti selaku Head of Hallobumil, aplikasi kehamilan dan parenting.

Selain itu, program vaksinasi ini juga bisa dilakukan untuk perempuan yang sedang melakukan program kehamilan.

Kepala Obstetri dan Ginekologi RSIA Bunda Jakarta, dr. Nana Agustina, SpOG menerangkan ada tiga jenis vaksin yang bisa diberikan pada ibu hamil, yaitu Sinovac, Moderna, dan Pfizer, yang masing-masing diberikan dua dosis.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini ibu hamil dan menyusui tak perlu meminta surat rujukan pada dokter untuk melakukan vaksinasi.

“Sehingga para ibu hamil dan menyusui bisa langsung otomatis melakukan vaksinasi Covid-19 di tempat yang tersedia,” kata Nana.

Walau begitu, ibu hamil dan menyusui yang ingin divaksin harus dalam kondisi yang sehat dan baik, antara lain tekanan darah normal dan tidak ada kondisi kelainan kesehatan. Ibu hamil juga baru bisa melakukan vaksinasi setelah usia kehamilan 13 minggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Satgas: Vaksin untuk Ibu Hamil Bisa Diberikan Setelah Usia Kandungan 13 Minggu ke Atas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.