Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 17:29 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan manufaktur di bidang kesehatan, PT 3M Indonesia meluncurkan produk respirator sekali pakai bernama 3M Particulate Respirator 9013 KF94.

Produk ini dirancang khusus memiliki media filter eksklusif sehingga mampu menangkap partikel di udara.

3M Particulate Respirator 9013 KF94 terdiri dari tiga lapisan, termasuk media filter 3M advanced electrostatic untuk menangkap setidaknya 94 persen partikulat di udara saat digunakan sesuai petunjuk.

Respirator ini diklaim bekerja dengan lebih baik dalam melindungi rongga hidung maupun mulut. Pasalnya, respirator ini dirancang untuk menutup rapat ke wajah, dan memungkinkan udara masuk melalui filter, bukan di sekitar tepi luar respirator.

Baca juga: UI Kembangkan APD Respirator Pemurni Udara bagi Tenaga Medis

Selain itu, produk ini juga memiliki ruang antara mulut dan respirator, sehingga memudahkan pengguna untuk bernapas dan berbicara dengan nyaman. Ada pula bantalan hidung dengan busa dan tali samping yang nyaman serta pengait untuk membantu menambah kerapatan.

Dengan berbagai fiturnya, respirator ini bukan hanya efektif melindungi diri dari paparan virus Covid-19 namun juga menyaring udara yang kita hirup sehari-hari.

Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengatakan paru-paru merupakan satu-satunya organ dalam manusia yang terpapar dengan hal di luar tubuh.

Udara yang dihirup memberikan pengaruh besar pada kualitas dan kesehatan paru-paru.

Oleh sebab itu, penggunaan respirator sebagai alat penyaring udara amat penting untuk mengurangi partikel udara.

"Salah satu upaya untuk mengurangi jumlah partikel udara yang kita hirup dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan memakai respirator yang memiliki tingkat kerapatan yang baik pada wajah," ujarnya dalam virtual press conference yang digelar Jumat, (15/10/2021).

Baca juga: Dampak Nyata Polusi Udara, Picu 6 Juta Kelahiran Prematur Setiap Tahun

Menurutnya, penting untuk melindungi diri kita sendiri dari paparan kualitas udara yang buruk yang disebabkan oleh partikulat di udara seperti asap dari knalpot kendaraan dan partikel udara kecil lainnya.

Terlebih lagi, Indonesia masuk ke dalam daftar sepuluh negara dengan tingkat Particulate Matter (PM) 2.5 tertinggi di dunia berdasarkan data Air Quality Index (AQI) yang dikemukakan oleh IQAir.

AQI merupakan indeks yang digunakan untuk mengidentifikasi seberapa tercemarnya udara di kawasan tersebut. Data tersebut tentunya memberikan gambaran betapa tidak sehatnua udara yang ada di sekitar kita.

Megan Selby, President of 3M Consumer Health and Safety Division mengatakan respirator ini dibuat untuk dipakai siapa pun dan di mana pun mereka membutuhkan perlindungan pernapasan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Fungsinya jauh lebih optimal bagi mereka yang lebih sering berada di tempat keramaian atau berpotensi terpapar asap kendaraan. Misalnya saja ketika menumpang angkutan umum dan untuk para pengendara sepeda motor.

"Masyarakat perlu semakin sadar akan pentingnya penggunaan pelindung pernapasan yang tepat untuk membantu melindungi diri dari paparan polutan dan partikel udara lainnya," jelasnya.

Produk kni dijual dengan harga Rp20.000 per buah dan tersedia dalam warna hitam dan putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com