Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 17:46 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kegiatan naik gunung sering dianggap sebagai "hobi kaum pria" karena dibutuhkan fisik yang kuat untuk melakukannya. Padahal, tak ada batasan gender untuk menikmati hobi ini.

Buktinya, ada banyak pendaki perempuan yang kemampuannya tak kalah dengan rekan pria. Empat sosok perempuan Indonesia berikut ini membuktikan jika petualangan itu untuk semua orang, tidak peduli apapun bentuknya, dan meyakini bahwa sejatinya ‘adventure to share’ - tidak hanya kepada sekitar, namun juga kepada alam.

Nah, siapa saja mereka?

Alfira Naftaly Pangalila (Abex) Alfira Naftaly Pangalila (Abex)
Alfira Naftaly Pangalila

Wanita yang akrab dipanggil “Anak Bebek” atau “Abex” ini adalah seorang pendaki yang juga travel influencer  yang memiliki kecintaan mendalam kepada gunung dan pendakian.

“Kalau ditanya apa alasan aku menyukai gunung, aku hanya bisa jawab 'because the mountain is there'” ungkap Abex yang mengaku kalau kecintaanya pada alam dipengaruhi oleh ayahnya itu.

Baca juga: Sinopsis The Himalayas, Kisah Haru Persahabatan Pendaki Gunung

Bagi Abex, mendaki gunung itu seperti merefleksikan hidup. Sebab, meski mendaki gunung membuat kita merasa lelah dan menemukan masalah serta rintangan, semua keputusan tetap ada di tangan kita.

Dalam petualangannya, Abex juga tidak pernah sembarangan. Ia selalu mempersiapkan dengan baik setiap perjalanannya, mulai dari latihan fisik, persiapan akomodasi hingga item terkecil seperti tas, seperti Eiger Ardor Lunaris yang menjadi salah satu favoritnya karena bobotnya yang ringan dan tahan banting.

“Petualangan versi aku, bukan seberapa jauh jarak yang ditempuh, seberapa tinggi gunung yang dicapai, tetapi lebih ke bagaimana kamu bisa mengeksplor diri kamu sendiri dan membuat sebuah momen berkesan".

Bagiku, mendaki tidak hanya pakai otot tetapi juga harus pakai otak dan traveling bukan hanya soal eksistensi tetapi tentang esensi,” ujar Abex yang telah beberapa kali melakukan perjalanan ke pegunungan es di Himalaya ini.

Abex sendiri selalu menuliskan dan membagikan pengalamannya ketika melakukan perjalanan, mulai dari yang sederhana, hingga kampanye kesadaran lingkungan saat berpetualang.

Baca juga: Ingin Naik Gunung Saat Libut Panjang, Simak Info 6 Gunung Ini

Putri Handayani Putri Handayani
Putri Handayani

Wanita kerap mendapat stigma bahwa mereka lebih tertarik dengan kegiatan yang tidak terlalu ekstrem. Namun, hal itu tak berlaku bagi Putri Handayani, wanita asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Dia memiliki ambisi luar biasa untuk menyelesaikan tantangan The Explorers Grand Slam, pendakian tujuh puncak gunung tertinggi di dunia sekaligus penjelajahan Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Putri selalu mempersiapkan pendakiannya dengan matang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com