Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2021, 09:16 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Salah satu karya terkenal seniman jalanan Banksy, Love is in the Bin, baru saja terjual kembali di rumah lelang Sotheby's.

Karya "robek" Banksy itu dilepas ke seorang kolektor Asia seharga 25,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 357 miliar, tiga kali lipat lebih tinggi dari perkiraan harga jual awal.

Ini merupakan kali kedua Love is in the Bin dilelang di Sotheby's.

Sebelumnya pada Agustus 2018, rumah lelang Sotheby's di London, Inggris menawarkan lukisan "Girl With Balloon" (kini bernama Love is in the Bin) pada peserta lelang.

Melansir pemberitaan Kompas.com pada 8 Agustus 2018, lukisan itu terjual dengan harga menakjubkan, 1,5 juta dollar AS atau setara Rp 19,6 miliar.

Setelah pemenang lelang ditentukan, lukisan bergambar gadis yang melepas balon hati berwarna merah pun dikeluarkan otomatis dari frame.

Namun peserta lelang yang hadir dalam acara itu terkejut karena lukisan tersebut dirobek oleh alat pemotong kertas yang terpasang di dalam frame.

Baca juga: Tok! Lukisan Politisi Simpanse Banksy Terjual Seharga Rp 172,9 Miliar

Melalui kanal YouTube banksyfilm, sang seniman merilis video yang menunjukkan proses "kehancuran" lukisan tersebut.

Banksy mencatat, lukisan itu seharusnya benar-benar robek di seluruh bagian, namun alat pemotong kertas di dalam frame lukisan tidak berfungsi pada detik terakhir.

"Dorongan untuk menghancurkan juga merupakan dorongan kreatif," tulis Banksy di akun Instagram miliknya sesaat setelah acara pelelangan itu.

Kendati aksi Banksy ini tampak seperti mengejek dunia seni, karya Love is in the Bin dipuji banyak orang.

Editor seni BBC News, Will Gompertz bahkan mengatakan Love is in the Bin karya Banksy "sebagai salah satu karya seni paling signifikan di awal abad ke-21."

Baca juga: Coretan Mural Seniman Banksy Tampak di Pesisir Inggris


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com