Kompas.com - 18/10/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Cuddling adalah istilah yang dipakai untuk mendeksripsikan aktivitas berpelukan atau bermesraan dengan pasangan, umumnya di tempat tidur.

Aktivitas ini dikenal pula dengan sebutan kelon yang efektif menciptakan keintiman bersama pasangan. Banyak pasangan melakukannya sembari menonton serial drama bersama, bermain game, atau sekedar menghabiskan waktu menjelang tidur.

Ada banyak cara pula untuk melakukannya misalnya berangkulan, berpelukan atau saling berpegangan tangan.

Cuddling tidak harus berujung dengan aktivitas seksual namun bisa meningkatkan kualitas hubungan bersama pasangan.

Dr. Sarah Hunter Murray, PhD, RMFT, seorang peneliti seks dan terapis hubungan di Kanada mengatakan sentuhan fisik adalah kebutuhan dasar manusia yang mendorong ikatan, keterikatan, dan koneksi.

Baca juga: Memahami Efek Berpelukan, Atasi Stres hingga Jaga Tekanan Darah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hal ini dimulai dari saat kita dilahirkan dengan kontak kulit-ke-kulit antara bayi dan orang yang mengasuhnya. Sentuhan fisik mungkin terlihat berbeda seiring bertambahnya usia namun kebutuhan akan sentuhan terus berlanjut sepanjang hidup kita," jelasnya.

Manfaat kesehatan cuddling bersama pasangan

Banyak pasangan menjadikan cuddling sebagai quality time bersama pasangannya. Khususnya jika masing-masing didera kesibukan sehari-hari sehingga tidak sempat menghabiskan banyak waktu bersama pasangan.

Cuddling dijadikan momen keintiman untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan. Namun siapa sangka, cuddling juga memberikan manfaat kesehatan untuk para pelakunya.

Apa saja kegunaannya?

Baca juga: Love Bombing, Ketika Pasangan Memberi Perhatian Berlebih

Produksi hormon oksitosin

Oksitosin sering disebut sebagai hormon cinta karena erat kaitannya dengan perasaa positif misalnya kegembiraan, gairan seksual, dan kepercayaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.