Kompas.com - 18/10/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Osteoartritis adalah penyakit sendi yang berkaitan dengan kerusakan sendi. Penyakit ini biasanya menyerang seseorang di usia 40an hingga 50an.

Baik pria maupun wanita berisiko mengalami osteoartritis, namun osteoartritis yang menyerang di usia muda lebih banyak terjadi pada pria.

Penyakit ini dapat semua persendian, termasuk panggul, lutut, dan sendi tulang belakang. Peradangan pada lutut termasuk yang paling sering terjadi. Kondisi ini bisa bertambah parah apabila kita jarang berolahraga.

"Gaya hidup tidak aktif membuat osteoartritis lutut menjadi lebih buruk. Begitu kita berhenti bergerak, sendi menjadi kaku. Anggap saja gerakan layaknya losion," kata terapis fisik Kari Orlandi, DPT.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Radang Sendi dengan Obat dan secara Alami

Penyebab osteoartritis di lutut

Jaringan ikat fleksibel yang dikenal sebagai tulang rawan artikular melindungi tulang-tulang yang saling bertemu di lutut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaringan licin bertugas melindungi sendi, berfungsi seperti peredam kejut saat kita berjalan, berlari, melompat, dan banyak lagi.

Namun, tulang rawan itu dapat mengalami robekan kecil, hingga pada akhirnya kaku seperti bantalan kursi tua.

Faktor-faktor yang menyebabkan osteoarthritis di lutut meliputi penuaan, cedera yang menyebabkan kerusakan dini, kelebihan berat badan dan faktor genetik.

Baca juga: Diperingati Tiap 12 Oktober, Ini Fakta Hari Radang Sendi Sedunia

Gejala osteoartritis lutut

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.