Kompas.com - 18/10/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi imunisasi dasar untuk anak Dok GSKIlustrasi imunisasi dasar untuk anak

KOMPAS.com – Selama pandemi terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap di Indonesia. Padahal, untuk mencegah kejadian luar biasa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, vaksinasi rutin untuk anak tidak boleh terlewat.

Menurut data, terjadi penurunan cakupan imunisasi pada anak sebesar 56.9 persen di Puskesmas.

Menyikapi hal tersebut, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah melakukan pemutakhiran Rekomendasi Pelayanan Imunisasi Rutin Anak pada Masa Pandemi Covid-19.

IDAI merekomendasikan agar semua anggota IDAI di daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali melanjutkan layanan imunisasi, terutama imunisasi kejar secara simultan dengan mempertimbangkan risiko di masing-masing fasilitas kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Imunisasi Sejak Dini Jadi Kunci Sukses Cegah Stunting pada Anak

Imunisasi kejar diberikan kepada anak dari usia yang seharusnya dijadwalkan untuk menyusulkan imunisasi yang sebelumnya tertunda.
.
Imunisasi kejar diperlukan untuk memberikan proteksi optimal terhadap penyakit pada jangka waktu yang singkat dengan hasil yang tetap optimal.

Orangtua tidak perlu ragu untuk segera mengimunisasi anaknya sesuai dengan jadwal pemberian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan merujuk pada buku KIA (kesehatan ibu dan anak), jadwal imunisasi bisa dipantau dan dicatat dengan baik. Jika jadwalnya terlambat, imunisasi susulan bisa segera dilakukan.

“Di masa pandemi seperti saat ini, penting untuk terus melakukan edukasi mengenai pentingnya imunisasi serta meyakinkan parents untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya dengan tetap memperhatikan prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi,” ujar dr. Deliana Permatasari, GSK Vaccine Medical Director dalam siaran pers.

Baca juga: Tetap Lengkapi Imunisasi Anak Selama Pandemi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.