Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 08:13 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Popularitas Squid Game, serial Netflix yang sarat akan kekerasan, rupanya menuai kekhawatiran di kalangan guru sekolah dasar di Inggris.

Sejumlah pendidik di berbagai sekolah dasar negara tersebut telah memperingatkan orangtua siswa untuk memeriksa pengaturan gawainya. Khususnya yang berkaitan dengan akses menikmati tayangan di platform streaming Netflix.

Anjuran ini muncul setelah banyaknya laporan anak-anak yang telah menonton Squid Game, dengan atau tanpa dampingan orangtuanya.

Beberapa dari anak tersebut juga telah memainkan permainan karakter tersebut di sekolah, tanpa menyadari bahayanya.

Faktanya, Squid Game merupakan konten yang tidak layak untuk anak dan dilabeli rating usia untuk 15 tahun ke atas di Inggris.

Baca juga: Hati-hati, Serial Netflix Squid Game Bukan untuk Anak-anak

Gareth Nichols, kepala sekolah dari sekolah dasar Sir Francis Hill di Lincoln, mengatakan bahwa sejumlah kecil siswanya, yang berusia sekitar enam tahun, kedapatan tengah mendiskusikan acara tersebut.

"Mereka juga memperagakan kembali beberapa adegan sehingga gurunya perlu segera menghubungi orangtuanya sebagai peringatan," katanya, dikutip dari BBC.

Para guru juga menyarankan orangtua untuk memeriksa pengaturan pada perangkatnya masing-masing. Alasannya, ada kemungkinan para murid dapat mengakses dan menonton acara tersebut tanpa sepengetahuan orangtuanya.

Menurut Nichols, Squid Game amat tidak cocok dan berbahaya bagi anak-anak usia sekolah dasar.

Meskipun sejumlah game yang ditampilkan merupakan adaptasi dari permainan tradisional anak-anak, ia menilai konsekuensi kekerasan dari kegagalannya tidak pantas untuk disaksikan anak-anak.

Baca juga: Cara Bijak Tanggapi Anak yang Minta Nonton Squid Game

"Saya akan sangat menyarankan semua orangtua untuk memeriksa dan memantau apa yang dilihat anak mereka di rumah untuk menjaga mereka aman dari materi tersebut."

Selain itu, sekolah dasar di Brough, East Yorkshire, juga telah melakukan hal serupa. Sejumlah murid kelas tiga hingga kelas enam sekolah tersebut juga terindikasi menikmati tayangan Squid Game.

Pihak sekolah kemudian berusaha mengarahkan dengan memberikan bimbingan khusus kepada para orangtua murid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com