Kompas.com - 20/10/2021, 09:30 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Bonding atau ikatan emosional antara orangtua dan anak merupakan fondasi untuk karakter yang positif anak dan juga lancarnya komunikasi dalam keluarga.

Dalam banyak kasus, bonding dapat membangun self-esteem atau harga diri seorang anak dan menjamin unit keluarga akan tetap utuh bahkan ketika anak-anak tumbuh dewasa dan meninggalkan rumah.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Word Finder, 93 persen orangtua merasa lebih terhubung dengan buah hatinya daripada sebelumnya berkat interaksi yang lebih sering selama pandemi COVID-19.

Orangtua juga harus memahami bahwa bonding dapat terbentuk jika ada interaksi dua arah antara orangtua dan anak. Walau dalam satu ruangan tetapi masing-masing sibuk dengan gawainya, maka ikatan emosional mustahil terbangun.

Baca juga: Gadget Boleh untuk Anak, tapi Bonding Time Jauh Lebih Penting

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, berikut ini adalah rekomendasi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama untuk meningkatkan bonding keluarga.

1. Jalan-jalan bersama 

Selama pandemi, banyak keluarga yang memilih aktivitas outdoor ketika keluar rumah. Bisa dilakukan di sekitar rumah, taman, danau, atau hutan di pinggiran kota.

Faktanya, jalan-jalan di luar ruang bersama keluarga adalah cara yang bagus untuk mendorong bonding dan meningkatkan hubungan dengan pasangan.

Selain itu, jalan-jalan keluarga adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres, berolahraga, dan meningkatkan suasana hati.

Ilustrasi berkebunDragonImages Ilustrasi berkebun

2. Berkebun

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.