Kompas.com - 20/10/2021, 10:04 WIB
Akun TikTok @dr.karanr membagikan trik lidah yang diklaim dapat membantu meredakan kecemasan. SHUTTERSTOCK/ROMAN SAMBORSKYIAkun TikTok @dr.karanr membagikan trik lidah yang diklaim dapat membantu meredakan kecemasan.

KOMPAS.com - TikTok telah menjadi rumah untuk berbagai konten life hack, makanan, tren, pakaian, hingga kesehatan mental.

Sebuah video yang diunggah oleh seorang dokter sekaligus ahli bedah asal Inggris, Karan Raj, M.D adalah salah satunya. Pemilik akun TikTok @dr.karanr itu mengunggah video tentang trik mengurangi kecemasan yang sering dihadapi banyak orang, hanya dengan menggunakan lidah.

"Gerakkan lidah Anda dari bagian atas mulut ke bawah dan kemudian coba diamkan," kata Raj dalam video diunggahnya melalui akun TikTok. Video itu sudah diputar lebih dari 600.000 kali.

"Ini akan membantu kita untuk diam atau mengurangi ucapan negatif, yang mungkin bertanggung jawab atas pikiran cemas Anda."

@dr.karanr

Tongue #learnontiktok #schoolwithdrkaran #mentalhealth

? Home - Edith Whiskers

Baca juga: 7 Pengobatan Jerawat ala TikTok yang Tidak Disukai Dokter Kulit

Raj menerangkan, menjaga lidah di posisi diam akan membantu seseorang mengurangi subvokalisasi atau kebiasan berbicara pada diri sendiri (internal monologue), yang membuat pikiran seseorang terpacu sehingga perasaan menjadi cemas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lidah yang santai membuat kita melakukan internal monologue yang lebih sedikit, yang diharapkan bisa memberikan pikiran yang lebih jernih," ujar dia.

Secara terpisah, psikoterapis dan penasihat kesehatan mental di Men's Health, Avi Klein LCSW, sepakat bahwa trik Raj tersebut dapat mengurangi kecemasan. Sebab, cara tersebut dapat memusatkan fokus pikiran seseorang untuk bersikap lebih santai dan tenang.

Menurutnya, membiarkan lidah dalam posisi diam adalah cara lama yang digunakan untuk meredakan ketegangan, sehingga seseorang dapat fokus pada relaksasi di seluruh tubuh.

"Cara ini memerlukan fokus yang intens, bersamaan dengan pengalaman membedakan eperti apa kondisi yang tegang dan rileks. Ini bisa sangat melegakan bagi orang-orang yang mengalami stres negatif," kata Klein.

"Ini adalah trik yang sangat singkat," tambahnya.

Meskipun trik yang diajarkan Raj tentu tidak akan mengakhiri kecemasan seseorang untuk jangka waktu panjang, setidaknya trik ini dapat membantu meredakan kecemasan pada pikiran seseorang untuk beberapa saat.

Baca juga: 3 Cara Sederhana untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.