Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di TikTok, Gerakan Lidah Ini Diklaim Bisa Atasi Kecemasan

Kompas.com - 20/10/2021, 10:04 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - TikTok telah menjadi rumah untuk berbagai konten life hack, makanan, tren, pakaian, hingga kesehatan mental.

Sebuah video yang diunggah oleh seorang dokter sekaligus ahli bedah asal Inggris, Karan Raj, M.D adalah salah satunya. Pemilik akun TikTok @dr.karanr itu mengunggah video tentang trik mengurangi kecemasan yang sering dihadapi banyak orang, hanya dengan menggunakan lidah.

"Gerakkan lidah Anda dari bagian atas mulut ke bawah dan kemudian coba diamkan," kata Raj dalam video diunggahnya melalui akun TikTok. Video itu sudah diputar lebih dari 600.000 kali.

"Ini akan membantu kita untuk diam atau mengurangi ucapan negatif, yang mungkin bertanggung jawab atas pikiran cemas Anda."

@dr.karanr

Tongue #learnontiktok #schoolwithdrkaran #mentalhealth

? Home - Edith Whiskers

Baca juga: 7 Pengobatan Jerawat ala TikTok yang Tidak Disukai Dokter Kulit

Raj menerangkan, menjaga lidah di posisi diam akan membantu seseorang mengurangi subvokalisasi atau kebiasan berbicara pada diri sendiri (internal monologue), yang membuat pikiran seseorang terpacu sehingga perasaan menjadi cemas.

"Lidah yang santai membuat kita melakukan internal monologue yang lebih sedikit, yang diharapkan bisa memberikan pikiran yang lebih jernih," ujar dia.

Secara terpisah, psikoterapis dan penasihat kesehatan mental di Men's Health, Avi Klein LCSW, sepakat bahwa trik Raj tersebut dapat mengurangi kecemasan. Sebab, cara tersebut dapat memusatkan fokus pikiran seseorang untuk bersikap lebih santai dan tenang.

Menurutnya, membiarkan lidah dalam posisi diam adalah cara lama yang digunakan untuk meredakan ketegangan, sehingga seseorang dapat fokus pada relaksasi di seluruh tubuh.

"Cara ini memerlukan fokus yang intens, bersamaan dengan pengalaman membedakan eperti apa kondisi yang tegang dan rileks. Ini bisa sangat melegakan bagi orang-orang yang mengalami stres negatif," kata Klein.

"Ini adalah trik yang sangat singkat," tambahnya.

Meskipun trik yang diajarkan Raj tentu tidak akan mengakhiri kecemasan seseorang untuk jangka waktu panjang, setidaknya trik ini dapat membantu meredakan kecemasan pada pikiran seseorang untuk beberapa saat.

Baca juga: 3 Cara Sederhana untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com