Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Rumah dengan Hewan Peliharaan di Dalamnya

Kompas.com - 21/10/2021, 10:03 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, atau burung, mungkin menyenangkan karena membuat kita serasa memiliki teman di rumah.

Namun, hewan-hewan ini dapat mengeluarkan bau tak sedap, kotor, atau membawa parasit seperti kutu.

Belum lagi, ada bola bulu hewan peliharaan, noda urin di karpet, kotoran, atau bulu-bulu yang masuk ke tempat menyulitkan, membuat rumah menjadi kotor.

Namun jangan khawatir, kita tak perlu membiarkan masalah itu menjadi penghalang untuk memiliki hewan peliharaan. Sebab, ada banyak cara mudah untuk memastikan rumah tetap segar dan bersih meski ada hewan peliharaan di dalamnya, seperti berikut ini.

Vacuum cleaner yang bagus

Saat memiliki hewan berbulu seperti anjing, kucing, atau kelinci, tentu bulu-bulu yang rontok akan menjadi masalah.

Karena itu, vacuum cleaner yang kita gunakan harus memiliki tenaga sedot yang kuat dan bekerja dengan baik di semua permukaan, serta tidak mudah mudah tersumbat oleh bulu atau rambut berlebih.

Kita juga perlu vacuum cleaner dengan filter bagus yang mudah dikosongkan dan dapat masuk ke semua area yang sulit dijangkau, bisa digunakan pada kain pelapis dan sebaiknya, vacuum cleaner yang kita gunakan cukup tenang untuk meminimalisir stres pada hewan peliharaan.

Grooming rutin

Memang, grooming tidak sepenuhnya dapat mencegah kerontokan. Namun, hal ini dapat membuat perbedaan besar serta membantu menjaga kesehatan bulu dan kulit hewan.

Untuk melakukannya, bisa menggunakan alat grooming yang dirancang khusus untuk shedding.

Gunakan produk untuk membersihkam bulu hewan peliharaan

Ada berbagai produk lain untuk membersihkan bulu hewan, seperti lint roller dan sikat karet yang dapat membersihkan bulu dari kain pelapis dan bahan furnishing lembut lainnya.

Membersihkan noda urine

Pastikan untuk membersihkan noda urine (air seni) atau muntah dengan cepat dan menyeluruh. Sebab, hal ini sangat penting untuk menghilangkan bau, sekaligus meminimalisir risiko hewan peliharaan kembali lagi ke tempat yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com