Kompas.com - 21/10/2021, 10:21 WIB
Gatal di kulit kepala tak selamanya terjadi akibat ketomba. Ada masalah kulit kepala yang lebih serius dan bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, yakni scalp psoriasis. SHUTTERSTOCKGatal di kulit kepala tak selamanya terjadi akibat ketomba. Ada masalah kulit kepala yang lebih serius dan bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, yakni scalp psoriasis.

KOMPAS.com - Tidak semua kulit kepala yang gatal atau bersisik disebabkan ketombe. Ada juga yang timbul karena psoriasis kulit kepala atau scalp psoriasis.

Kondisi ini akan jauh lebih sulit untuk didiagnosis dan diobati daripada ketombe biasa.

Sebab, scalp psoriasis dapat menyebabkan bercak atau plak kulit bersisik yang berkembang di bawah kulit kepala, sehingga kita bisa kurang menyadari keberadaannya.

Psoriasis kulit kepala tidak secara formal diakui sebagai subtipe psoriasis. Tetapi, kulit kepala adalah area yang sering terkena bagi orang-orang yang berjuang dengan kondisi autoimun.

Bagi orang dengan psoriasis, sistem kekebalan tubuh menjadi sedikit rusak dan secara keliru memberi tahu sel-sel kulit untuk tumbuh terlalu cepat.

Baca juga: Kandungan yang Perlu Dicari Saat Membeli Sampo Anti-ketombe

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), sel-sel kulit ekstra yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan menghasilkan penumpukan kulit, dan pada akhirnya dapat membentuk plak psoriasis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Profesor dermatologi di Universitas California, San Fransisco, AS Tina Bhutani, MD memberikan penjelasannya.

Dia ngatakan, beberapa orang mungkin memiliki plak hanya di kulit kepala, sementara yang lain mungkin memilikinya di kulit kepala dan juga area lain di tubuh.

Gejala-gejala scalp psoriasis

Menurut Bhutani, psoriasis kulit kepala pada umumnya memiliki gejala seperti timbulnya bercak kulit yang mengelupas atau bersisik di kulit kepala.

Bercak ini juga bisa meradang, tebal, dan bengkak, serta terkadang meluas ke dahi, belakang leher, atau di belakang telinga.

Pada warna kulit terang, scalp psoriasis di kulit kepala biasanya tampak merah muda atau merah dengan sisik keperakan.

Untuk orang dengan kulit gelap, lesi ini dapat bervariasi dalam warna dan bisa berwarna merah muda, putih keperakan, ungu, atau coklat -tergantung pada warna kulit secara spesifik.

"Psoriasis kulit kepala, sejujurnya, menyebabkan beberapa dampak terbesar pada kualitas hidup," ungkap Bhutani.

Baca juga: Ketahui, 7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

Sebab, dalam gejala yang parah dapat mengganggu tidur, membuat perasaan cemas, dan melukai harga diri, terutama jika scalp psoriasis terlihat sangat jelas.

Selain plak, gejala-gejala psoriasis kulit kepala lainnya meliputi:

Kulit kepala yang sangat gatal yang dapat mengganggu.

• Sensasi terbakar atau nyeri pada kulit kepala.

Kulit pecah-pecah dan/atau berdarah karena terlalu banyak digaruk atau karena kulit kepala yang kering.

• Kerontokan rambut sementara jika kita terlalu sering menyentuh kulit kepala atau mencoba mengambil sisik, yang dapat menghilangkan folikel rambut secara paksa.

Penyebab scalp psoriasis

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.