Kompas.com - 21/10/2021, 11:57 WIB
Banyak yang beranggapan bahwa risiko asam urat hanya dialami oleh orang yang mengalami obesitas. SHUTTERSTOCK/KURHANBanyak yang beranggapan bahwa risiko asam urat hanya dialami oleh orang yang mengalami obesitas.

KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa risiko asam urat hanya dialami oleh orang yang mengalami obesitas. Apakah anggapan itu benar?

Obesitas memang meningkatkan risiko asam urat. Namun, orang yang tidak mengalami obesitas juga tetap memiliki kemungkinan terkena penyakit ini.

Sebelumnya, pahami dulu apa itu asam urat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), penyakit asam urat adalah bentuk umum radang sendi yang terasa sangat menyakitkan. Asam urat memengaruhi satu sendi pada satu waktu, seringkali sendi jempol kaki tetapi juga bisa di sendi lainnya.

Gejala pada sendi yang terkena termasuk nyeri intens, pembengkakan, kemerahan, dan panas.

Menurut Cleveland Clinic, penyakit asam urat yang tidak terobati dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen. Hal ini juga terkait dengan kondisi komorbiditas yang serius, seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal.

Baca juga: 7 Gejala Asam Urat yang Tak Boleh Diabaikan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Risiko asam urat pada orang obesitas

Semua orang dengan berbagai ukuran tubuh bisa mengembangkan penyakit asam urat.SHUTTERSTOCK/THAMKC Semua orang dengan berbagai ukuran tubuh bisa mengembangkan penyakit asam urat.
Jadi, apakah risiko asam urat hanya terjadi pada orang dengan obesitas?

Jawabannya, semua orang dengan berbagai ukuran tubuh bisa mengembangkan penyakit asam urat.

Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan di The Rheumatologist, kadar asam urat cenderung lebih tinggi pada orang yang kelebihan berat badan, yang mana dapat meningkatkan risiko asam urat.

Namun, berat badan bukan satu-satunya faktor risiko asam urat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.