Kompas.com - 21/10/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi dekorasi Halloween. SHUTTERSTOCKIlustrasi dekorasi Halloween.

KOMPAS.com – Halloween yang biasa dirayakan pada 31 Oktober memiliki berbagai tradisi unik, mulai dari trick-or-treat, mengenakan kostum hantu atau mahluk menyeramkan, hingga jack-o-lantern alias labu yang diukir.

Biasanya labu tersebut diukur menggunakan ukiran stensil untuk membuat wajah dan dinyalakan dengan lilin. Jack-o-lantern juga tak pernah absen menjadi bagian dari dekorasi perayaan Halloween.

Jika ditelusuri, ternyata penggunaan Jack-o-lantern sebagai dekorasi Halloween sudah berlangsung lama.

Menurut Cerridwen Fallingstar, penulis buku Broth from the Cauldron: A Wisdom Journey through Everyday Magic, dalam semua tradisi pagan kuno di seluruh dunia, orang mati dan leluhur mereka sangat dihormati.

Nah, di negara-negara Celtic, terutama Skotlandia dan Irlandia, orang-orang akan mengubur orang mati, di kemudian hari menggali tengkoraknya, lalu meletakkannya di rak di dalam sebuah barrow, atau gundukan pemakaman.

Baca juga: Mengenal Sejarah Halloween yang Dirayakan Tiap 31 Oktober

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pada Samhain, hari kematian yang sekarang kita sebut Halloween, orang-orang akan memasuki gundukan itu dan menyalakan lilin di dalam satu atau lebih tengkorak yang ada di sana. Bahkan, para selebran akan berbicara dengan leluhur mereka menggunakan tengkorak itu,” ujar Fallingstar.

Mengingatkan kita dengan jack-o-lantern dan lilin di dalamnya kan?

Tak hanya itu, sejarah Halloween yang berasal dari festival Samhain pun memiliki beberapa tradisi yang makin menguatkan jack-o-lantern sebagai salah satu symbol Halloween.

Fallingstar mengatakan, walau banyak orang berharap bisa melakukan kontak dengan arwah orang yang mereka cintai, tetapi mereka tetap takut terhadap arwah jahat yang berkeliaran dan mencari perlindungan.

“Para selebran menjauh dari tengkorak asli dan mengukir 'tengkorak' dari lobak besar dan menyalakan lilin di dalamnya untuk menakut-nakuti makhluk gaib yang mereka takuti,” ujar Fallingstar.

Baca juga: 8 Ide Kostum Halloween Khas Drakor Favorit, Mau Tiru?

Ilustrasi HalloweenShutterstock Ilustrasi Halloween

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.