Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Rasa Lapar Tengah Malam dengan "Intuitive Eating"

Kompas.com - 21/10/2021, 16:55 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber SELF

KOMPAS.com - Rasa lapar yang mendadak menyerang di malam hari sebelum tidur adalah tantangan yang besar bagi mereka yang sedang diet. Jika kita mengabaikan rasa lapar itu bisa jadi kita akan susah tidur, namun jika mengasup camilan bisa jadi target penurunan berat badan sulit dicapai.

Meski rasanya porsi makan malam sudah cukup mengenyangkan, namun lapar tengah malam sulit dihindari. Haruskah kita menahan lapar?

Ahli diet Wendy Lopez, MS, RD, CDE, mengatakan aturan makan untuk satu orang berbeda dengan orang lain, jadi tidak tepat jika semua orang dilarang makan tengah malam ketika lapar.

"Pendekatan saya terhadap nutrisi selalu bersifat individual, jadi saya menghindari rekomendasi menyeluruh seperti tidak makan sebelum waktu tidur," ujarnya.

Beberapa orang mau tidak mau hanya bisa makan mendekati waktu tidur. Misalnya mereka yang bekerja dalam shift yang panjang dan baru sempat makan ketika tiba di rumah di malam hari.

Baca juga: Makan Malam untuk Diet, Sebaiknya Jam Berapa?

Bisa juga individu mengalami diabetes dan harus menjaga gula darah tetap stabil, sehingga ia mengonsumsi camilan sebelum tidur.

Makan tengah malam berpengaruh pada sistem pencernaan

Meski demikian, makan sebelum tidur bisa memengaruhi sistem pencernaan kita.

Mayoritas dibutuhkan waktu sekitar dua hingga empat jam untuk mengosongkan perut sebelum tubuh melanjutkan proses pencernaan di usus kecil dan usus besar.

"Jika perut kita masih bekerja keras memecah makanan, kita bisa merasa tidak nyaman saat berbaring untuk tidur," kata Wendy.

"Kita juga berisiko mengalami refluks lambung atau gangguan pencernaan lainnya jika makan terlalu dekat dengan waktu tidur."

Baca juga: Memahami Perbedaan Heartburn, Refluks Asam Lambung, dan GERD

Selain itu, kualitas tidur kita menjadi lebih buruk jika kita makan sebelum tidur.

"Saya biasanya menganjurkan makan besar setidaknya dua jam sebelum tidur untuk sistem pencernaan yang optimal dan kecil kemungkinan cara itu mengacaukan tidur kita," jelasnya.

Mengonsumsi camilan sehat bisa menjadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan rencana diet.UNSPLASH/BROOKE LARK Mengonsumsi camilan sehat bisa menjadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan rencana diet.

Di sisi lain, tidur dalam kondisi lapar juga tidak baik bagi kita. Lapar sebelum tidur kemungkinan menandakan bahwa asupan makanan yang masuk ke tubuh kita di siang hari tidak mencukupi.

Akibatnya, tubuh akan mengambil energi ekstra tepat sebelum tidur untuk mengganti kekurangan asupan makanan di siang hari.

Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com