Kompas.com - 21/10/2021, 16:55 WIB
Ilustrasi lapar ShutterstockIlustrasi lapar

KOMPAS.com - Rasa lapar yang mendadak menyerang di malam hari sebelum tidur adalah tantangan yang besar bagi mereka yang sedang diet. Jika kita mengabaikan rasa lapar itu bisa jadi kita akan susah tidur, namun jika mengasup camilan bisa jadi target penurunan berat badan sulit dicapai.

Meski rasanya porsi makan malam sudah cukup mengenyangkan, namun lapar tengah malam sulit dihindari. Haruskah kita menahan lapar?

Ahli diet Wendy Lopez, MS, RD, CDE, mengatakan aturan makan untuk satu orang berbeda dengan orang lain, jadi tidak tepat jika semua orang dilarang makan tengah malam ketika lapar.

"Pendekatan saya terhadap nutrisi selalu bersifat individual, jadi saya menghindari rekomendasi menyeluruh seperti tidak makan sebelum waktu tidur," ujarnya.

Beberapa orang mau tidak mau hanya bisa makan mendekati waktu tidur. Misalnya mereka yang bekerja dalam shift yang panjang dan baru sempat makan ketika tiba di rumah di malam hari.

Baca juga: Makan Malam untuk Diet, Sebaiknya Jam Berapa?

Bisa juga individu mengalami diabetes dan harus menjaga gula darah tetap stabil, sehingga ia mengonsumsi camilan sebelum tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makan tengah malam berpengaruh pada sistem pencernaan

Meski demikian, makan sebelum tidur bisa memengaruhi sistem pencernaan kita.

Mayoritas dibutuhkan waktu sekitar dua hingga empat jam untuk mengosongkan perut sebelum tubuh melanjutkan proses pencernaan di usus kecil dan usus besar.

"Jika perut kita masih bekerja keras memecah makanan, kita bisa merasa tidak nyaman saat berbaring untuk tidur," kata Wendy.

Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.