Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Manfaat Daun Sirsak dan Keladi Tikus untuk Imunitas Tubuh

Kompas.com - 21/10/2021, 18:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Indonesia sangat kaya akan berbagai jenis tanaman berkhasiat untuk kesehatan. Tradisi mengonsumsi herbal untuk menjaga kesehatan bahkan sudah dilakukan sejak era nenek moyang.

Di era pandemi, produk herbal dan makanan peningkat imunitas pun kembali populer. Daya tahan tubuh yang kuat memang menjadi modal dasar untuk melawan infeksi Covid-19.

Tanaman herbal yang sudah lama dikenal akan khasiatnya untuk meningkatkan imun tubuh adalah keladi tikus (Typhonium flagelliforme) yang disebut-sebut sebagai obat kanker, dan juga daun sirsak.

Dijelaskan oleh dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, bukti yang ada saat ini menunjukkan ekstrak keladi tikus yang digunakan sebagai obat tradisional ternyata mengandung senyawa antioksidan seperti alkaloid, triterpenoid, lignan, flavonoid, tanin, dan sterol.

“Berdasarkan pengujian secara in vitro, kandungan ini membuatnya potensial untuk dapat digunakan sebagai antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker (khususnya kanker hati dan darah), dan juga dapat menghilangkan efek buruk kemoterapi,” katanya dalam keterangan pers.

Baca juga: 4 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Keladi tikus ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat batuk karena mengandung zat aktif yang diduga dapat mencegah dan meringankan reaksi imunologi berupa alergi.

Daun tanaman keladi tikus.istimewa Daun tanaman keladi tikus.

Sejak dahulu kala, keladi tikus memang telah dipakai secara tradisional untuk membantu meredakan batuk, sakit kepala, dan nyeri perut.

Baca juga: Merasa Stres? Konsumsi 10 Jenis Teh Herbal ini

Suplemen herbal Thyponisix.Istimewa Suplemen herbal Thyponisix.
Sementara itu, daun sirsak diketahui memiliki sifat imunostimulator. Penelitian juga menunjukkan ekstrak daun sirsak dapat menstimulasi respon imun.

Ekstrak daun sirsak juga telah lama diketahui mempunyai aktivitas sebagai antioksidan, antikanker, dan antiperadangan, antiinfeksi, menstabilkan gula darah, obat batuk pilek, dan radang tenggorokan.

Sudah lama secara tradisional daun sirsak ini dipakai di berbagai belahan dunia untuk membantu meredakan nyeri kepala, rematik, dan insomnia.

Tanaman keladi tikus atau daun sirsak secara tradisional dikonsumsi dengan cara dikeringkan lalu direbus dan airnya diminum.

Namun, saat ini ekstrak herbal ini secara modern dibuat menjadi suplemen Thyponisix yang praktis dikonsumsi.

Berbentuk kapsul, suplemen yang sudah mendapat ijin edar dari Badan POM ini diklaim membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com