Kompas.com - 21/10/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi daun sirsak. SHUTTERSTOCK/SKY STOCKIlustrasi daun sirsak.

KOMPAS.com – Indonesia sangat kaya akan berbagai jenis tanaman berkhasiat untuk kesehatan. Tradisi mengonsumsi herbal untuk menjaga kesehatan bahkan sudah dilakukan sejak era nenek moyang.

Di era pandemi, produk herbal dan makanan peningkat imunitas pun kembali populer. Daya tahan tubuh yang kuat memang menjadi modal dasar untuk melawan infeksi Covid-19.

Tanaman herbal yang sudah lama dikenal akan khasiatnya untuk meningkatkan imun tubuh adalah keladi tikus (Typhonium flagelliforme) yang disebut-sebut sebagai obat kanker, dan juga daun sirsak.

Dijelaskan oleh dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, bukti yang ada saat ini menunjukkan ekstrak keladi tikus yang digunakan sebagai obat tradisional ternyata mengandung senyawa antioksidan seperti alkaloid, triterpenoid, lignan, flavonoid, tanin, dan sterol.

“Berdasarkan pengujian secara in vitro, kandungan ini membuatnya potensial untuk dapat digunakan sebagai antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker (khususnya kanker hati dan darah), dan juga dapat menghilangkan efek buruk kemoterapi,” katanya dalam keterangan pers.

Baca juga: 4 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Keladi tikus ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat batuk karena mengandung zat aktif yang diduga dapat mencegah dan meringankan reaksi imunologi berupa alergi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daun tanaman keladi tikus.istimewa Daun tanaman keladi tikus.

Sejak dahulu kala, keladi tikus memang telah dipakai secara tradisional untuk membantu meredakan batuk, sakit kepala, dan nyeri perut.

Baca juga: Merasa Stres? Konsumsi 10 Jenis Teh Herbal ini

Suplemen herbal Thyponisix.Istimewa Suplemen herbal Thyponisix.
Sementara itu, daun sirsak diketahui memiliki sifat imunostimulator. Penelitian juga menunjukkan ekstrak daun sirsak dapat menstimulasi respon imun.

Ekstrak daun sirsak juga telah lama diketahui mempunyai aktivitas sebagai antioksidan, antikanker, dan antiperadangan, antiinfeksi, menstabilkan gula darah, obat batuk pilek, dan radang tenggorokan.

Sudah lama secara tradisional daun sirsak ini dipakai di berbagai belahan dunia untuk membantu meredakan nyeri kepala, rematik, dan insomnia.

Tanaman keladi tikus atau daun sirsak secara tradisional dikonsumsi dengan cara dikeringkan lalu direbus dan airnya diminum.

Namun, saat ini ekstrak herbal ini secara modern dibuat menjadi suplemen Thyponisix yang praktis dikonsumsi.

Berbentuk kapsul, suplemen yang sudah mendapat ijin edar dari Badan POM ini diklaim membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.