Kompas.com - 21/10/2021, 19:57 WIB
Ilustrasi meja untuk makan malam romantis. PIXABAY/CHRISTINE SPONCHIAIlustrasi meja untuk makan malam romantis.

KOMPAS.com - Ada stereotip yang berkembang bahwa pria adalah pihak yang harus siap membayar semua tagihan ketika pergi bersama pasangannya.

Hal ini bahkan sudah dianggap sebagai normal sosial dan aturan main yang berlaku di hampir semua wilayah. Namun, pemikiran tersebut sekarang dianggap sudah lawas dan ketinggalan zaman, khususnya di era kesetaraan gender.

Kini ada banyak wanita yang bersedia membayar sendiri semua kebutuhannya termasuk tagihannya ketika berkencan. Maka muncul metode split bill yang dianggap lebih adil untuk kedua belah pihak.

Pertimbangan lainnya, menghasilkan uang adalah hal yang sulit di masa ini. Jadi tidak seharusnya beban finansial diberikan kepada pihak pria saja ketika kesenangannya dilakukan bersama.

Baca juga: Begini Etika Dasar ketika Terapkan Split Bill di Kencan Pertama

Cara menawarkan split bill pada pasangan

Praktik split bill tidak ada kaitannya dengan kejantanan atau sopan santun seseorang. Hal itu berkaitan sepenuhnya soal pengaturan keuangan yang lebih adil bagi semua pihak.

Metode ini sudah semakin sering dijalankan khususnya di kalangan anak muda. Namun masih ada segelintir orang yang ragu untuk mulai melakukannya atau menawarkannya kepada pasangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada ketakutan dianggap pelit, tidak jantan, atau tidak sopan ketika berusaha membahasnya bersama pasangan. Apalagi jika pasangan kencan itu baru pertama kali ditemui atau belum lama kenal.

Dikhawatirkan pula usulan untuk melakukan split bill akan membuat suasana kencan menjadi canggung dan bahkan mengancam progress hubungan yang dijalani.

Untuk menghilangkan semua kecemasan itu, berikut adalah tiga cara mengajak pasangan kencan kita berbagi tagihan secara merata.

Baca juga: Populer di Dunia Kencan, Apa itu Ghosting?

Bicarakan sebelum kencan

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membicarakannya di awal percakapan. Diskusikan soal metode pembayaran yang akan diaplikasikan ketika berniat membuat janji kencan.

Halaman:


Sumber mensxp
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.