Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria, Begini Kiat Mengajak Split Bill Tanpa Canggung Saat Kencan

Kompas.com - 21/10/2021, 19:57 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber mensxp

KOMPAS.com - Ada stereotip yang berkembang bahwa pria adalah pihak yang harus siap membayar semua tagihan ketika pergi bersama pasangannya.

Hal ini bahkan sudah dianggap sebagai normal sosial dan aturan main yang berlaku di hampir semua wilayah. Namun, pemikiran tersebut sekarang dianggap sudah lawas dan ketinggalan zaman, khususnya di era kesetaraan gender.

Kini ada banyak wanita yang bersedia membayar sendiri semua kebutuhannya termasuk tagihannya ketika berkencan. Maka muncul metode split bill yang dianggap lebih adil untuk kedua belah pihak.

Pertimbangan lainnya, menghasilkan uang adalah hal yang sulit di masa ini. Jadi tidak seharusnya beban finansial diberikan kepada pihak pria saja ketika kesenangannya dilakukan bersama.

Baca juga: Begini Etika Dasar ketika Terapkan Split Bill di Kencan Pertama

Cara menawarkan split bill pada pasangan

Praktik split bill tidak ada kaitannya dengan kejantanan atau sopan santun seseorang. Hal itu berkaitan sepenuhnya soal pengaturan keuangan yang lebih adil bagi semua pihak.

Metode ini sudah semakin sering dijalankan khususnya di kalangan anak muda. Namun masih ada segelintir orang yang ragu untuk mulai melakukannya atau menawarkannya kepada pasangannya.

Ada ketakutan dianggap pelit, tidak jantan, atau tidak sopan ketika berusaha membahasnya bersama pasangan. Apalagi jika pasangan kencan itu baru pertama kali ditemui atau belum lama kenal.

Dikhawatirkan pula usulan untuk melakukan split bill akan membuat suasana kencan menjadi canggung dan bahkan mengancam progress hubungan yang dijalani.

Untuk menghilangkan semua kecemasan itu, berikut adalah tiga cara mengajak pasangan kencan kita berbagi tagihan secara merata.

Baca juga: Populer di Dunia Kencan, Apa itu Ghosting?

Bicarakan sebelum kencan

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membicarakannya di awal percakapan. Diskusikan soal metode pembayaran yang akan diaplikasikan ketika berniat membuat janji kencan.

Hal ini mencegah suasana menjadi canggung sekaligus membantu kita memahami pasangan lebih jauh. Kita bisa memahami pola pikirnya dalam segi finansial, yang sebenarnya merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan.

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

Katakan sejak awal

Kadangkala kita lupa untuk membahas hal tersebut sampai tiba waktunya pertemuan yang dinantikan. Jangan buang waktu untuk merasa bimbang dan sampaikan usulan tersebut secara langsung.

Pendekatan blak-blakan ini mungkin akan terasa mengagetkan namun sangat jitu dan minim kesalahpahaman. Namun pastikan untuk tidak mengatakannya dalam kalimat yang tidak sopan atau terkesan merendahkan.

Gunakan cara yang lebih halus, misalnya meletakkan jumlah uang sesuai pengeluaran kita di atas tagihan yang diberikan pelayan. Biarkan pasangan melengkapi sisanya sesuai dengan uang yang dikeluarkannya.

Baca juga: Pertanyaan yang Sebaiknya Diajukan saat Kencan Pertama

Tawarkan kencan kedua

Metode split bill lain yang lebih halus dan lebih mudah diterima adalah membayar bergantian. Kita membayar seluruh tagihan kali ini dan minta pasangan untuk mengeluarkan biaya di pertemuan berikutnya.

Dengan cara ini, tidak akan ada pembahasan yang canggung soal siapa yang membayar saat ini. Selain itu, niat kita untuk menerapkan split bill juga tidak akan terlalu menyinggung atau disalahpahami.

Kelebihannya, cara split bill ini memastikan kita memiliki pertemuan berikutnya yang bisa dinantikan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com