Kompas.com - 22/10/2021, 09:31 WIB
Membiasakan diri menerapkan hemat energi listrik mulai hari ini dapat membantu kita mencegah krisis di masa mendatang. SHUTTERSTOCKMembiasakan diri menerapkan hemat energi listrik mulai hari ini dapat membantu kita mencegah krisis di masa mendatang.

KOMPAS.com - Hemat energi menjadi upaya penting di tengah krisis energi yang melanda sejumlah negara di dunia. Salah satu cara sederhana yang bisa dipraktikkan adalah menghemat energi listrik mulai dari rumah.

Meski pun terlihat kecil, namun membiasakan diri menerapkan cara menghemat energi listrik mulai hari ini dapat membantu kita mencegah krisis di masa mendatang.

Cara menghemat energi listrik

Berikut sejumlah cara menghemat energi yang mudah kita praktikkan, baik di tempat tinggal maupun di tempat lain, seperti kantor:

1. Mematikan alat elektronik yang tidak terpakai

Mematikan alat elektronik yang tidak terpakai adalah salah satu cara nenghemat energi listrik.Unsplash/Glenn Carstens Mematikan alat elektronik yang tidak terpakai adalah salah satu cara nenghemat energi listrik.
Tidak semua alat elektronik perlu standby atau dinyalakan sepanjang waktu. Beberapa alat elektronik yang perlu terus menyala, mungkin seperti perangkat internet, sementara lainnya bisa kita matikan ketika tidak digunakan.

Misalnya, kita tidak perlu menyalakan televisi ketika tidak ada yang menonton atau ketika kita sibuk dengan aktivitas lainnya. Kita juga bisa mencabut kabel pengisi daya ponsel jika sudah tidak digunakan.

Cabut kabel alat elektronik ketika tidak digunakan. Sebab, beberapa alat elektronik tetap menggunakan energi selama kabelnya masih terpasang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari pula kebiasaan seperti mengisi daya ponsel semalaman. Sebab, kebanyakan ponsel hanya butuh waktu sekitar dua jam agar dayanya bisa penuh kembali. Maka, untuk apa membiarkan dayanya terisi semalaman?

Selain hemat energi, kebiasaan-kebiasaan tersebut juga bisa membantu menghemat biaya listrik kita. Meskipun terbilang kecil, namun angkanya cukup besar jika dihitung rata-rata per tahunnya.

Energy Saving Trust bahkan mengestimasikan rata-rata penghematannya bisa mencapai 80 Poundsterling per tahun atau sekitar Rp 1,5 juta. Tentunya, tarif listrik setiap negara dan setiap rumah tangga bisa berbeda.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Tagihan Listrik Membengkak

2. Menggunakan lampu LED

Lampu LED tak hanya menjadi cara menghemat energi listrik,  tetapi juga lebih tahan lama dan memberikan kualitas cahaya yang sama atau bahkan lebih baik.SHUTTERSTOCK/VOLODYMYR PLYSIUK Lampu LED tak hanya menjadi cara menghemat energi listrik, tetapi juga lebih tahan lama dan memberikan kualitas cahaya yang sama atau bahkan lebih baik.
Usahakan mengganti lampu pijar dengan LED hemat energi. LED tak hanya menggunakan jauh lebih sedikit energi, tetapi juga bertahan lebih lama dan memberikan kualitas cahaya yang sama atau bahkan lebih baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.