Kompas.com - 22/10/2021, 16:49 WIB
Ilustrasi kosmetik everydayplusIlustrasi kosmetik

BANDUNG, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tidak menghalangi siapapun berinovasi. Termasuk dalam dunia kosmetik.

Pemilik salah satu perusahaan pembuat kosmetik Skin Solution Group, Rizki Ananda Musa mengatakan, industri kosmetik di Indonesia terus tumbuh. Bahkan disaat pandemi.

Hal itu terlihat dari bermunculannya brand lokal kosmetik baru. Bahkan permintaan customer di 2021 pun mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

"Kurang lebih ada sekitar 200 customer, naik 2 kali lipat dari target yang dicapai, hadir ke kami untuk membuat brand kosmetik," ujar Rizki saat dihubungi Jumat (22/10/2021).

Perempuan yang baru merayakan hari ulang tahunnya yang ke-40 ini mengaku, perusahaannya tidak hanya membantu membuatkan kosmetik. Pihaknya terbuka untuk diskusi dalam pembuatan brand lokal.

Sebab pada intinya, ia ingin membantu para calon pengusaha yang memiliki mimpi terjun di dunia kosmetik dengan modal terbatas.

Namun ia mengingatkan, jika konsumen ingin terjun di dunia kosmetik, alangkah baiknya menjadi reseller atau agen dari brand yang sudah ada terlebih dulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini untuk memudahkan konsumen ketika memiliki brand sendiri. Karena ia telah memiliki pangsa pasarnya.

Selain itu, perkuatlah jaringan dan pasar. Sebab dua hal ini menjadi kunci sukses pengusaha kosmetik. Sebab kebutuhan kosmetik tidak akan pernah mati. Setiap hari, orang mengenakan kosmetik seperti sabun, shampo dan lainnya.

Untuk menguatkan produk-produknya, ia mengantongi sertifikat CPKB, ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001 dan GMP.

Dengan sertifikat tersebut, pabrik miliknya telah memenuhi standar internasional dan memiliki manajemen kontrol yang baik.

Rizki optimistis bisnis ini akan tetap tumbuh, mengingat jumlah populasi wanita lebih dari 150 juta jiwa. Itu pula yang membuatnya siap melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

Baca juga: Melirik Merk Kosmetik Lokal Racikan Make Up Artist

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.