Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2021, 09:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi, pandemi Covid-19 juga belum berakhir.

Memperkuat daya tahan tubuh sebetulnya bisa diwujudkan dengan cara yang sederhana, hanya saja kita memerlukan konsistensi dan sebisa mungkin menerapkannya dalam rutinitas sehari-hari.

Cara memperkuat daya tahan tubuh

Melansir dari laman Good Housekeeping, berikut ini terdapat beberapa cara sederhana memperkuat sistem imun tubuh yang dapat kita coba:

1. Memiliki tidur yang cukup

Memiliki tidur yang cukup adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.PEXELS/RON LACH Memiliki tidur yang cukup adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.
Banyak orang yang menyepelekan pentingnya tidur cukup, kemudian terbiasa begadang di malam hari untuk bekerja atau bermain dengan smartphone.

 

Padahal, memiliki tidur yang cukup adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berkaitan dengan risiko infeksi yang lebih tinggi, peradangan yang lebih besar, dan fungsi imun tubuh yang lebih lemah.

Salah satu cara untuk tertidur lebih mudah, yakni dengan menjauhkan smartphone dari kamar tidur, sehingga kita tidak terpaku pada layar sampai tengah malam.

Baca juga: Jangan Sepelekan, 15 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

2. Mengonsumsi sayuran

Banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.PEXELS/CATS COMING Banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.
"Cara makan yang paling sehat untuk sistem imun tubuh kita adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran."

Demikian penuturan ahli gizi dan salah satu pendiri Appetite for Health yang berbasis di San Francisco Bay Area, Julie Upton, RD.

Menurutnya, banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

Dia juga merekomendasikan kita agar kita setidaknya mengonsumsi dua porsi sayuran dan makanan sehat lainnya dalam sehari.

Baca juga: 5 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar

3. Konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C secara teratur adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.UNSPLASH/ILONA FREY Konsumsi vitamin C secara teratur adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.
Konsumsi vitamin C secara teratur adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

Studi menunjukkan bahwa vitamin C mendukung fungsi sistem imun tubuh. Kekurangan vitamin C dapat membuat kita lebih mungkin terkena infeksi.

Beberapa sumber terbaik vitamin C adalah buah jeruk, kiwi, stroberi, paprika merah dan hijau, brokoli, serta tomat.

Jika kita khawatir tidak mendapatkan kecukupan vitamin C melalui makanan, kita juga bisa mencoba menambahkan suplemen dalam rutinitas sehari-hari.

Baca juga: Ketahui 7 Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com