Kompas.com - 23/10/2021, 09:58 WIB
Memperkuat daya tahan tubuh sebetulnya bisa diwujudkan dengan cara yang sederhana, seperti memiliki tidur yang cukup, banyak makan sayur dan lainnya. FREEPIK/TIRACHARDZMemperkuat daya tahan tubuh sebetulnya bisa diwujudkan dengan cara yang sederhana, seperti memiliki tidur yang cukup, banyak makan sayur dan lainnya.

KOMPAS.com - Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi, pandemi Covid-19 juga belum berakhir.

Memperkuat daya tahan tubuh sebetulnya bisa diwujudkan dengan cara yang sederhana, hanya saja kita memerlukan konsistensi dan sebisa mungkin menerapkannya dalam rutinitas sehari-hari.

Cara memperkuat daya tahan tubuh

Melansir dari laman Good Housekeeping, berikut ini terdapat beberapa cara sederhana memperkuat sistem imun tubuh yang dapat kita coba:

1. Memiliki tidur yang cukup

Memiliki tidur yang cukup adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.PEXELS/RON LACH Memiliki tidur yang cukup adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.
Banyak orang yang menyepelekan pentingnya tidur cukup, kemudian terbiasa begadang di malam hari untuk bekerja atau bermain dengan smartphone.

 

Padahal, memiliki tidur yang cukup adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berkaitan dengan risiko infeksi yang lebih tinggi, peradangan yang lebih besar, dan fungsi imun tubuh yang lebih lemah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu cara untuk tertidur lebih mudah, yakni dengan menjauhkan smartphone dari kamar tidur, sehingga kita tidak terpaku pada layar sampai tengah malam.

Baca juga: Jangan Sepelekan, 15 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

2. Mengonsumsi sayuran

Banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.PEXELS/CATS COMING Banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.
"Cara makan yang paling sehat untuk sistem imun tubuh kita adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran."

Demikian penuturan ahli gizi dan salah satu pendiri Appetite for Health yang berbasis di San Francisco Bay Area, Julie Upton, RD.

Menurutnya, banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.