Kompas.com - 23/10/2021, 12:00 WIB
Tidur cukup dan berkualitas ternyata tak hak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, tetapi juga dapat baik bagi kesehatan otak. FREEPIKTidur cukup dan berkualitas ternyata tak hak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, tetapi juga dapat baik bagi kesehatan otak.

KOMPAS.com - Tidur cukup dan berkualitas ternyata tak hak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, tetapi juga dapat baik bagi kesehatan otak.

Temuan ini terungkap melalui sebuah penelitian yang diterbitkan melalui jurnal Brain.

Studi yang memantau tidur 100 orang lanjut usia tersebut menyimpulkan, lansia yang memiliki tidur berkualitas selama enam hingga delapan jam setiap malam berpotensi menunda penurunan kognitif dan menjaga otak mereka tetap tajam.

"Studi kami menunjukkan ada rentang tengah, atau 'sweet spot' untuk total waktu tidur di mana performa kognitif stabil," kata co-author studi D. Brendan Lucey dalam sebuah pernyataan.

Lucey adalah profesor neurologi dan kepala bagian di Washington University Sleep Medicine Center di St. Louis, AS.

Studi itu memantau tidur para lansia yang menderita penurunan kognitif dan gejala penyakit Alzheimer dini.

Peneliti menemukan bahwa individu yang tidur kurang dari lima setengah jam mengalami penurunan performa kognitif. Ini terlepas dari faktor seperti usia, jenis kelamin, dan patologi Alzheimer yang dimiliki individu tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, orang yang tidur lebih dari tujuh setengah jam juga menunjukkan penurunan kognitif.

"Tidak hanya mereka yang tidur dalam waktu singkat tetapi mereka yang tidur dalam waktu lama juga mengalami penurunan kognitif lebih banyak."

Demikian dikatakan co-author studi Dr David Holtzman, direktur ilmiah di Hope Center for Neurological Disorders, Washington University School of Medicine.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.