Kompas.com - 23/10/2021, 19:49 WIB
Fobia sering kali dianggap sama dengan rasa takut. Padahal keduanya sangat berbeda. FREEPIK/MASTER1305Fobia sering kali dianggap sama dengan rasa takut. Padahal keduanya sangat berbeda.

KOMPAS.com - Fobia sering kali dianggap sama dengan rasa takut. Padahal keduanya sangat berbeda.

Bahkan, fobia bisa menimbulkan gejala kecemasan yang mengganggu kondisi mental seseorang.

Lantas, apa perbedaan takut dan fobia yang berhubungan dengan kesehatan mental?

Menurut psikolog klinis sekaligus kepala psikologi di Montefiore Medical Center dan Albert Einstein College of Medicine, Simon Rego, fobia adalah reaksi ketakutan yang lebih ekstrem, instan, dan konstan terhadap suatu pemicu.

Dia juga mengatakan bahwa fobia yang paling sering dialami oleh orang-orang adalah fobia terhadap ketinggian, hewan, serangga, jarum, dan situasi seperti melintasi jembatan, naik lift, atau terbang.

Dalam kasus fobia, pemicunya hampir selalu menimbulkan ketakutan atau kecemasa, yang sering kali mendorong orang tersebut melakukan apa saja untuk secara aktif menghindari kontak dengan pemicunya.

"Hal penting yang perlu diperhatikan, ketakutan atau kecemasan karena fobia umumnya tidak sebanding dengan bahaya aktual yang ditimbulkan oleh objek atau situasi," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menentukan apakah ketakutan yang kita rasakan sudah sampai tingkat fobia. Menurut Rego, gejalanya bertahan minimal enam bulan.

Selain itu, mempertimbangkan seberapa besar dampak rasa takut yang dihadapi terhadap hidup kita juga menentukan apakah kita fobia terhadap sesuatu.

"Kita juga perlu melihat apakah ketakutan atau penghindaran tersebut menyebabkan tekanan signifikan maupun gangguan pada kemampuan seseorang untuk berfungsi secara sosial, di tempat kerja atau sekolah," catat Rego.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.