Kompas.com - 23/10/2021, 21:18 WIB
Lidah buaya. smartgardenguide.comLidah buaya.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Lidah buaya merupakan salah satu tanaman populer untuk dirawat di rumah. Bukan hanya karena bentuknya yang indah dan mudah dirawat, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat, seperti membantu menyembuhkan luka dan iritasi.

Tak hanya itu, lidah buaya juga merupakan salah satu tanaman terbaik untuk membersihkan polutan dari udara.

Menurut sebuah penelitian NASA, lidah buaya juga membantu menghilangkan karbon dioksida di atmosfer dan menggantinya dengan oksigen, benar-benar ideal untuk ditanam di lokasi dengan kualitas udara yang buruk.

Nah, meski cara menanamnya cukup mudah, tetap saja diperlukan trik untuk merawatnya. Berikut tipsnya.

Menanam dalam ruangan

Lidah buaya bisa menyaring udara di dalam rumah dan membuat kualitas udara menjadi berkali-kali lebih bagus.Unsplash/Alexandra Tran Lidah buaya bisa menyaring udara di dalam rumah dan membuat kualitas udara menjadi berkali-kali lebih bagus.
Menurut para ahli tanaman, hanya ada satu hal yang perlu diingat saat menanam tanaman lidah buaya : tidak terlalu banyak menyiram (overwatering).

Menurut Dan Scott, associate director Hortikultura & River Farm, lidah buaya hanya perlu disiram satu atau dua minggu sekali karena penyiraman berlebih dapat menyebabkan akar membusuk dan mati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun jika overwatering sudah terlanjur terjadi, Scott menyarankan untuk mengeluarkan lidah buaya dari pot dengan hati-hati.

“Biarkan tanah mengering sementara tanaman pulih di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Setelah itu, potong akar yang busuk atau lembek dan tanam kembali di tanah segar,” ujarnya.

Sementara itu, David Barbour, salah satu pendiri Vivio Life Sciences, berpendapat bahwa lidah buaya dalam ruangan harus ditanam dalam pot dengan banyak lubang drainase dan campuran tanah kering dengan pasir dan atau kerikil.

Tanaman ini juga suka ditempatkan di bawah sinar matahari langsung selama kurang lebih tujuh jam sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.