Kompas.com - 23/10/2021, 21:39 WIB
Banyak orang mengira bahwa maag adalah penyakit yang diturunkan dari orangtua atau bersifat genetik. Padahal penyebab maag yang utama adalah pola makan kurang baik. SHUTTERSTOCK/POP TIKABanyak orang mengira bahwa maag adalah penyakit yang diturunkan dari orangtua atau bersifat genetik. Padahal penyebab maag yang utama adalah pola makan kurang baik.

KOMPAS.com - Dispepsia atau maag adalah salah satu penyakit lambung yang menunjukkan beberapa gejala seperti perih di ulu hati, perut kembung, mual, sering sendawa, dan sebagainya.

Banyak orang mengira bahwa maag adalah penyakit yang diturunkan dari orangtua atau bersifat genetik.

Namun, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan bahwa penyebab sakit maag biasanya adalah pola makan yang tidak baik, bukan karena turunan.

"Mungkin jika pola makan dalam satu keluarga, katakanlah, orangtua tidak baik, maka itu dapat memengaruhi anak-anak juga," terangnya dalam seminar awam melalui aplikasi Zoom, Sabtu (23/10/2021).

 

Lebih lanjut, Ari menjelaskan bahwa penyebab sakit maag sering kambuh adalah kebiasaan mengonsumsi makanan asin, pedas, dan asam secara berlebihan.

Selain karena pola makan, Dr Ari juga mengungkapkan bahwa maag rentan dialami oleh orang-orang yang sering merasa stres dan orang-orang yang banyak mengonsumsi obat-obatan untuk rematik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apalagi, khususnya rasa stres, dapat berpengaruh kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

"Sakit maag itu berhubungan dengan otak kita. Jadi, kalau kita merasa marah, kesal, dan stres itu akan menyebabkan penumpukan gas yang berlebihan di dalam lambung," jelasnya.

Baca juga: Ini 6 Makanan untuk Penderita Maag yang Aman Dikonsumsi

Melakukan pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam adalah langkah utama dalam menangani permasalahan sakit maag, terlebih bagi yang sudah menderita maag kronis.PIXABAY/DERNEUEMANN Melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam adalah langkah utama dalam menangani permasalahan sakit maag, terlebih bagi yang sudah menderita maag kronis.
Melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam adalah langkah utama dalam menangani permasalahan sakit maag, terlebih bagi yang sudah menderita maag kronis.

Menurut Dr Ari, para dokter juga akan melakukan pemeriksaan endoskopi untuk melihat saluran cerna bagian atas pasien agar bisa memastikan penyakit yang diderita baik itu maag atau gangguan lambung lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.