Kompas.com - 23/10/2021, 21:43 WIB
Hamster juga dapat memicu reaksi alergi, misalnya karena kandangnya yang jarang dibersihkan. PIXABAY/FREE-PHOTOSHamster juga dapat memicu reaksi alergi, misalnya karena kandangnya yang jarang dibersihkan.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Hamster sering dianggap sebagai hewan peliharaan yang ideal bagi anak karena lucu dan imut. Namun, terkadang hewan mungil ini sedikit “bandel” dan menggigit.

Hamster sendiri tidak benar-benar agresif, dan mereka biasanya hanya menggigit saat ketakutan. Gigi kecil hamster juga mungkin tidak akan membuat kita kesakitan layaknya gigitan anjing atau kucing.

Namun untungnya, kita bisa melatih hamster untuk berhenti menggigit secara bertahap.

Mengapa hamster menggigit?

Hamster jinak yang sudah terbiasa dengan manusia biasanya tidak mudah takut. Namun hamster baru yang belum terbiasa dengan manusia biasanya tidak terlalu jinak, dan akan menggigit jika kita mencoba untuk mengambilnya.

Nah, saat berurusan dengan hamster seperti ini, hal terpenting yang harus kita ingat adalah hamster menggigit karena takut, bukan karena agresif.

Bagaimana cara menghentikan gigitannya?

Kunci untuk menangani hamster yang hobi menggigit adalah kesabaran. Pasalnya, kita perlu mendapatkan kepercayaan dari hamster, untuk itu, diperlukan proses pendekatan secara bertahap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses ini biasanya akan memakan cukup banyak waktu, sekitar satu bulan atau bahkan lebih.

Lalu, jangan berkecil hati jika butuh waktu sebulan atau bahkan lebih lama untuk mendapatkan kepercayaan hamster kita.

Jika hamster sudah mulai tenang dan merespons lebih cepat dari yang diharapkan, kita bisa mempersingkat waktu dalam melakukan pendekatan.

Sebaliknya, jika hamster masih ketakutan, kembali ke langkah sebelumnya dan luangkan sedikit waktu untuk melatihnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.