Kompas.com - 24/10/2021, 10:15 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Insiden senjata api yang melibatkan Alec Baldwin sehingga menewaskan salah satu kru filmnya tentu mengejutkan dunia.

Kabar buruk ini membuat banyak pihak berduka sekaligus bertanya-tanya soal keamanan di lokasi syuting film tersebut. Terlebih lagi, pistol yang dipakai oleh aktor gaek tersebut sebelumnya diklaim sebagai properti film yang aman.

Tak banyak yang menyadari jika lokasi syuting bisa menjadi area yang berbahaya. Apalagi jika film yang dibuat melibatkan cerita yang aksi dengan berbagai adegan laga dan menantang.

Untuk mendapatkan gambar yang fantastis sesuai dengan cerita, kru film harus melakukan banyak hal. Termasuk membuat ledakan, penggunaan kembang api, properti senjata atau kendaraan yang bisa membahayakan nyawa.

Baca juga: Kronologi Insiden Pistol di Lokasi Syuting yang Libatkan Alec Baldwin

Insiden tragis di perfilman Hollywood

Alec Baldwin tak sengaja menembak mati sinematografer sekaligus melukai sutradaranya dengan properti pistol yang dipakai. Ia menyangka senjata tersebut tak lagi memiliki amunisi dan aman digunakan.

Besar kemungkinan, ini menjadi bentuk human error dan kesalahan protokol keamanan di lokasi syuting tersebut. Insiden ini memang amat tragis namun sayangnya bukan pertama kalinya terjadi di Hollywood.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang sejarah perfilman, ada sejumlah kecelakaan yang terjadi di lokasi syuting film Hollywood. Korbannya bukan hanya aktor namun juga kru maupun pemeran penggantinya.

Dylan O'Brien, Thomas Brodie-Sangster, Ki Hong Lee dan Aml Ameen  dalam film The Maze Runner (2014)20 Century Fox Dylan O'Brien, Thomas Brodie-Sangster, Ki Hong Lee dan Aml Ameen dalam film The Maze Runner (2014)

The Maze Runner

Bintang utama franchise The Maze Runner, Dylan O'Brien pernah mengalami kecelakaan parah saat syuting film tersebut. Ia terjatuh dari sepeda motor yang dikendarainya sehingga mengalami patah tulang di bagian wajah, gegar otak dan trauma otak.

Produksi film itu terpaksa dihentikan sementara sampai ia benar-benar pulih lebih dari setahun kemudian. Namun kecelakaan ini membuat kariernya yang kala itu tengah cemerlang mandek.

Baca juga: Yayan Ruhian Akan Membintangi Film Hollywood dari Sutradara Spider-Man

XXX

Film ini penuh dengan adegan aksi dan berbahaya termasuk parasailing dan melompat dari jembatan. Sayangnya, kebutuhan gambar tersebut merenggut nyawa Harry O'Connor, stunt double Vin Diesel dalam prosesnya.

Halaman:


Sumber ScreenRant
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.