Kompas.com - 24/10/2021, 18:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Kasus kematian influencer asal Amerika Serikat Gabby Petito yang diduga kuat dibunuh oleh kekasihnya sendiri membuat topik tentang kekerasan domestik dalam hubungan kembali mencuat.

Petito yang berusia 22 tahun itu diketahui tengah melakukan perjalanan lintas negara dengan kekasihnya, Brian Laundrie. Namun, pada 12 Agustus lalu, petugas menghentikan perjalanan keduanya setelah mereka terlibat dalam pertengkaran.

Orangtua Petito pun melaporkan dia hilang pada 11 September. Lebih dari seminggu kemudian, gadis itu ditemukan tewas karena dicekik. Pada minggu lalu, Laundrie juga dipastikan tewas.

Setelah kejadian itu, keluarga Petito membangun Yayasan Gabby Petito pada bulan Oktober ini guna menyalurkan dukungan kepada kasus orang hilang dan menawarkan bantuan keuangan kepada korban kekerasan domestik.

Baca juga: Siapa Selebgram Gabby Petito yang Meninggal karena Cekikan

Bicara soal kekerasan domestik dalam hubungan, banyak pakar yang mengatakan bahwa jenis kekerasan ini sulit dideteksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pelaku adalah manipulator, dan tentu saja korban yang selamat tidak memilih untuk berada dalam hubungan kejam itu. Namun, begitu Anda mulai dimanipulasi dan menjadi korban gaslight, hubungan itu asulit dilepaskan karena korban cenderung dicuci otaknya,” ujar pakar hubungan Jaime Bronstein kepada Insider.

Kendati demikian, tetap ada beberapa tanda bahwa orang yang kita cintai mungkin menjadi korban kekerasan domestik. Berikut tandanya agar kita juga semakin peka.

Memutuskan hubungan dari teman dan keluarga

Jika orang terdekat kita mulai berhenti membalas pesan percakapan, telepon, dan memutuskan hubungan, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka mengalami kekerasan domestik.

Selain itu, psikoterapis Babita Spinelli berpendapat bahwa korban mulai mengabaikan hal-hal yang menjadi minatnya selama ini.

Baca juga: Kekerasan Berbasis Gender Online Tinggi di Indonesia, Ini yang Perlu Dilakukan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.