Kompas.com - 25/10/2021, 07:01 WIB
Peneliti menyatakan obsesi terhadap dinosaurus dapat memenuhi kebutuhan anak akan rasa ingin tahu dan penemuan. Ilmu terkait dinosaurus termasuk bentuk ilmu yang bisa dipahami dan diproses oleh otak anak. PEXELS/ Monstera Peneliti menyatakan obsesi terhadap dinosaurus dapat memenuhi kebutuhan anak akan rasa ingin tahu dan penemuan. Ilmu terkait dinosaurus termasuk bentuk ilmu yang bisa dipahami dan diproses oleh otak anak.

KOMPAS.com - Anak-anak cenderung tertarik akan banyak hal sejak masih kecil. Mereka bisa menyukai mainan boneka, mobil-mobilan, atau binatang.

Seiring bertambahnya usia anak, selera mereka ikut berubah. Anak yang tadinya hanya tertarik dengan gajah atau harimau, mulai menunjukkan obsesi pada dinosaurus.

Tidak hanya menyebutkan nama-nama dinosaurus, tetapi, anak juga mampu menggambar dinosaurus dengan baik.

Baca juga: 4 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mainan Anak

Mengapa demikian?

Seperti dilaporkan CNN, dinosaurus adalah makhluk raksasa di masa lampau yang disukai anak-anak sejak lama.

Namun, ketertarikan tersebut bisa cepat menghilang dari diri anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dr Arthur Lavin, ketua American Academy of Pediatrics Committee di Psychosocial Aspects of Child and Family Health menjelaskan alasan di balik fenomena itu.

Menurut Lavin, ketika anak berusia empat tahun, mereka akan melalui periode yang dinamakan hyper fixation.

Hyper fixation adalah kondisi di mana seseorang --dalam hal ini anak-- berfokus pada satu hal untuk memeroleh kesenangan dan memenuhi kebutuhan emosional tertentu.

Di usia empat tahun, anak sedang menciptakan self sense, dan salah satu caranya adalah menciptakan sesuatu di dunia untuk diri sendiri.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.