Kompas.com - 25/10/2021, 09:56 WIB
Ilustrasi bangun pagi fizkesIlustrasi bangun pagi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Pernahkah kamu terbangun di pagi hari dengan sendi terasa kaku dan nyeri?
Jika ini terjadi, biasanya kita akan menyalahkan berbagai hal, mulai dari usia yang menua, kasur yang sudah lama tidak diganti, atau salah posisi tidur.

Memang, hal-hal tersebut bisa menyebabkan sendi terasa kaku di pagi hari. Namun hati-hati, jika sering terjadi, kaku sendi bisa menjadi tanda kondisi medis tertentu loh.

Melansir WebMD, sendi kaku di pagi hari merupakan gejala dari beberapa jenis arthritis, termasuk osteoarthritis (OA), jenis umum yang biasanya terjadi seiring pertambahan usia.

Tak hanya itu, sendi kaku juga bisa menjadi tanda beberapa jenis radang sendi seperti: Artritis Reumatoid (RA), Artritis psoriatik (PSA), dan Spondilitis ankilosa (AS).

Sendi kaku di pagi hari akibat penuaan dan OA memang bukan hal aneh. Sebab, usia menyebabkan tulang rawan yang menjadi bantalan sendi dalam tubuh kita mengering, dan persendian pun akan memproduksi lebih sedikit cairan sinovial yang menambah pelumasan, menyebabkan sendi terasa kaku dan sakit.

Hal inilah yang terkadang disebut sebagai "gel pagi (morning gel)," karena persendian kita menjadi kaku seperti agar-agar saat tidak aktif selama beberapa jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, jika memiliki RA, PSA, atau AS, peradangannya lah yang memicu sendi kaku di pagi hari kita.

Baca juga: 20 Macam Pengobatan Alami Radang Sendi, Bisa Dicoba di Rumah

Perbedaan kaku sendi di pagi hari yang dialami penderita OA dan peradangan arthritis

Kaku sendi di pagi hari yang dialami penderita OA dan peradangan arthritis rupanya berbeda, dengan perbedaan terbesarnya adalah lama atau tidaknya rasa kaku yang diderita.

Bagi mereka yang menderita osteoartritis, kekakuan biasanya berlangsung selama beberapa menit saja dan mereda setelah kita mulai bergerak. Namun jika menderita radang sendi, mungkin perlu satu jam atau lebih lama untuk hilang.

Sendi kaku di pagi hari juga merupakan gejala paling umum dari ankylosing spondylitis, yang biasanya mempengaruhi tulang belakang, pinggul, dan lutut. Jadi, penderita AS biasanya paling sering mengalami kekakuan di punggung bawah dan leher.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.