Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ujian, Hidayah, dan Istikamah dalam Kisah Pertama Kali Berhijab

Kompas.com - 25/10/2021, 11:00 WIB
Semua Bisa Cantik MEDIO by KG MEDIASemua Bisa Cantik

Oleh: Zahra Fadhilah dan Ristiana Dwi Putri

BAGI beberapa perempuan Muslim, memantapkan diri untuk memakai hijab bukanlah persoalan yang mudah, sebab dibutuhkan keyakinan dan kemantapan hati agar dapat berkomitmen dan amanah dalam berhijab.

Hal ini dirasakan oleh Rachmad Vinda Pratiwi atau yang kerap disapa Vinda. Perjalanan berhijab Vinda untuk melakukan perubahan hidup yang lebih baik harus ditempuhnya dengan proses yang cukup panjang.

Dimulai saat Vinda masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA), saat itulah ia memutuskan untuk mengenakan hijab. Hingga suatu waktu, Vinda mengalami peristiwa yang menjadi titik balik hidupnya. Ia didiagnosis penyakit autoimun psoriasis oleh dokter. Sejak saat itu, Vinda istiqomah untuk mempertahankan hijabnya sampai sekarang.

Ketika diwawancarai oleh Cery, host dalam siniar Semua Bisa Cantik, Vinda berterus terang soal alasannya mengenakan hijab.

"Jadi, awalnya aku hanya formalitas aja (memakai hijab) buat di sekolah. Kalo keluar-keluar gitu masih gak pake hijab. Awalnya karena aku kena salah satu diagnosis autoimun, jadi aku memutuskan untuk memakai hijab untuk menutupi penyakitku itu," jelas Vinda pada Cery menjelaskan awal perjalanannya dalam mengenakan hijab.

Vinda mengatakan bahwa selama prosesnya dalam berhijab, ia mencoba mendekatkan diri kepada Tuhan. Pertanyaan-pertanyaan dalam diri kerap muncul, seperti kenapa harus dia yang mengalami penyakit ini. Hingga suatu waktu, ia berhasil menemukan jawabannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mungkin ini adalah salah satu cara Tuhan untuk memberi hidayahnya. Oh ini, kamu harus make hijab. Ini alasan kenapa kamu sakit, kamu bisa istiqomah memakai hijab," ungkap Vinda.

Rintangan awal saat berhijab

Seperti banyak perempuan yang baru memutuskan untuk mengenakan hijab, Vinda mengalami banyak perubahan yang signifikan baik dalam kebiasaan, spiritual, dan juga pakaian.

"Aku mulai memakai pakaian panjang, padahal dulu sama sekali aku nggak suka pakai pakaian panjang. Secara spiritual, buat ibadah setelah berhijab aku ngikutin sunnah-sunnah, dari puasa, terus aku mencoba untuk shalat tahajud, terus aku lebih kalem dari yang sebelumnya. Aku juga mengalihkan pandangan (dari lawan jenis), nggak pake wangi-wangian," kata Vinda menjelaskan perubahan yang dialaminya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.