Kompas.com - 25/10/2021, 13:57 WIB
Squid Game memperkenalkan sejumlah aspek kebudayaan Korea kepada penonton dari negara lain. REUTERS/KIM HONG=JI via ABC INDONESIASquid Game memperkenalkan sejumlah aspek kebudayaan Korea kepada penonton dari negara lain.

KOMPAS.com - Popularitas serial Netflix, Squid Game belum juga berakhir dan masih terus menjadi pembahasan publik.

Ketenaran drama survival ini bahkan merambah ke berbagai hal lainnya termasuk dijadikan kostum Halloween dan menjadi inspirasi banyak acara lainnya.

Baca juga: Seragam Penjaga Squid Game Laris Diburu Jadi Kostum Halloween

Squid Game juga ramai dijadikan konten media sosial termasuk Instagram, TikTok maupun Twitter. Tak heran, banyak yang semakin penasaran untuk menontonnya termasuk anak-anak.

Sayangnya, serial sembilan episode ini sarat dengan kekerasan dan kekejaman sehingga tidak dianjurkan untuk anak di bawah umur. Untuk alasan ini pula, Netflix menyematkan rating usia 17+ pada acara ini.

Namun banyak orangtua kecolongan membiarkan anaknya menyaksikan serial ini. Terbukti dari banyaknya anak yang familiar dengan para tokoh, permainan maupun plot ceritanya.

David Anderson, PhD, kepala Program Sekolah dan Komunitas di Child Mind Institute, organisasi nirlaba yang fokus pada kesehatan mental anak-anak memberikan pendapat tegas soal fenomena ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seharusnya anak tidak boleh menonton Squid Game sampai masa remaja akhir - dengan atau tanpa orang tua yang duduk di sebelah mereka," ujarnya, dikutip dari CNN.

“Tingkat kekerasannya mengerikan – lebih dari kebanyakan pertunjukan,” katanya. 

Baca juga: Squid Game Jadi Tontonan Anak SD, Guru di Inggris Peringatkan Bahayanya

“Serial ini adalah pesta pembunuhan dengan premis bahwa dari lebih dari 400 peserta, hanya ada satu yang selamat.”

Ia menerangkan, acara ini terlalu kejam untuk disaksikan anak-anak dan remaja. Orangtua disarankan untuk memberikan pemahaman kepada anaknya soal pelarangan menonton Squid Game dan dampak buruknya pada kesehatan mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.