Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 13:57 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Popularitas serial Netflix, Squid Game belum juga berakhir dan masih terus menjadi pembahasan publik.

Ketenaran drama survival ini bahkan merambah ke berbagai hal lainnya termasuk dijadikan kostum Halloween dan menjadi inspirasi banyak acara lainnya.

Baca juga: Seragam Penjaga Squid Game Laris Diburu Jadi Kostum Halloween

Squid Game juga ramai dijadikan konten media sosial termasuk Instagram, TikTok maupun Twitter. Tak heran, banyak yang semakin penasaran untuk menontonnya termasuk anak-anak.

Sayangnya, serial sembilan episode ini sarat dengan kekerasan dan kekejaman sehingga tidak dianjurkan untuk anak di bawah umur. Untuk alasan ini pula, Netflix menyematkan rating usia 17+ pada acara ini.

Namun banyak orangtua kecolongan membiarkan anaknya menyaksikan serial ini. Terbukti dari banyaknya anak yang familiar dengan para tokoh, permainan maupun plot ceritanya.

David Anderson, PhD, kepala Program Sekolah dan Komunitas di Child Mind Institute, organisasi nirlaba yang fokus pada kesehatan mental anak-anak memberikan pendapat tegas soal fenomena ini.

"Seharusnya anak tidak boleh menonton Squid Game sampai masa remaja akhir - dengan atau tanpa orang tua yang duduk di sebelah mereka," ujarnya, dikutip dari CNN.

“Tingkat kekerasannya mengerikan – lebih dari kebanyakan pertunjukan,” katanya. 

Baca juga: Squid Game Jadi Tontonan Anak SD, Guru di Inggris Peringatkan Bahayanya

“Serial ini adalah pesta pembunuhan dengan premis bahwa dari lebih dari 400 peserta, hanya ada satu yang selamat.”

Ia menerangkan, acara ini terlalu kejam untuk disaksikan anak-anak dan remaja. Orangtua disarankan untuk memberikan pemahaman kepada anaknya soal pelarangan menonton Squid Game dan dampak buruknya pada kesehatan mental.

Ia juga tidak setuju jika anak diizinkan menyaksikan serial tersebut dengan alasan isu sosial yang diangkat. Menurutnya, nilai utama yang ditawarkan acara ini adalah adrenalinnya sehingga tidak sesuai untuk anak di bawah umur.

Tips nonton Squid Game bersama anak remaja

Squid Game adalah acara paling populer di 90 negara, kata Netflix.NETFLIX via BBC INDONESIA Squid Game adalah acara paling populer di 90 negara, kata Netflix.

David Anderson juga menganggap Squid Game tidak cocok ditonton oleh remaja, meski banyak yang membandingkannya dengan The Hunger Games. Menurutnya ada perbedaan besar antara dua acara tersebut meskipun sama-sama bertema drama survival.

Baca juga: Alasan Psikologis di Balik Kesukaan Orang Tonton Squid Game

The Hunger Games didasarkan pada novel dewasa muda sehingga memang dimaksudkan untuk dikonsumsi remaja. Memang ada sejumlah karakter yang terbunuh namun film yang dibintangi Jennifer Lawrence itu jauh lebih tidak keras dan memiliki panutan yang positif.

Misalnya saja pada karakter protagonis Katniss Everdeen yang memberikan sejumlah pesan positif kepada penontonnya.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com