Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Olahraga untuk Penderita Diabetes, Baik untuk Dicoba

Kompas.com - 25/10/2021, 17:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Olahraga untuk penderita diabetes dapat membantu menurunkan kadar fula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga dapat melawan resistensi insulin.

Adapun gula darah tinggi atau hiperglikemia terjadi ketika tubuh tidak membuat cukup insulin atau secara efektif menggunakan insulin, hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel untuk energi.

Hiperglikemia kerap dikaitkan dengan diabetes.

Selain untuk menurunkan gula darah, menurut Harvard Health Publishing, manfaat olahraga secara umum tentunya dapat membantu mengontrol berat badan, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida yang berbahaya, meningkatkan kolesterol HDL yang sehat, memperkuat otot dan tulang, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kesejahteraan secara umum.

Baca juga: Ketahui, Berapa Kisaran Kadar Gula Darah Normal?

Olahraga untuk penderita diabetes

Sebelum mencari tahu olahraga untuk penderita diabetes dan mempraktikannya, penting untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Terutama jika sebelumnya tidak aktif berolahraga.

Tanyalah pada dokter mengenai dampak yang mungkin dirasakan ketika berolahraga. Dokter juga mungkin akan memberikan saran soal waktu terbaik berolahraga dan potensi manfaat kesehatan apa yang dapat diperoleh jika menerapkan pola hidup aktif.

Untuk manfaat kesehatan terbaik, para ahli merekomendasikan setidaknya 150 menit seminggu aktivitas fisik yang cukup intens, seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda.

Jika menggunakan insulin atau obat lain yang dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia), lakukan pengecekan gula darah terlebih dahulu 15-30 menit sebelum berolahraga.

Melansir Everyday Health, berikut beberapa jenis olahraga untuk penderita diabetes yang dapat dipraktikkan:

1. Jalan cepat

Salah satu jenis olahraga untuk penderita diabetes adalah jalan cepat.PEXELS/DANIEL RECHE Salah satu jenis olahraga untuk penderita diabetes adalah jalan cepat.
Salah satu jenis olahraga untuk penderita diabetes adalah jalan cepat.

Jika sebelumnya tidak terbiasa berolahraga, memulai aktivitas dengan berjalan kaki dapat menjadi pilihan. Selain dapat dilakukan di mana saja, jalan kaki juga hanya memerlukan sepasang sepatu.

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, jalan kaki dengan kecepatan yang cukup untuk meningkatkan denyut jantung dapat dikategorikan olahraga intensitas moderat.

Cobalah memulai dengan sesi jalan kaki 30 menit per hari, selama lima hari dalam seminggu, dapat membantu mencapai rekomendasi waktu olahraga intensitas moderat 150 menit dalam seminggu.

Baca juga: 4 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

2. Tai chi

Tai chi dapat menjadi pilihan olahraga untuk penderita diabetes tipe 2 dan mampu membantu mengelola kadar glukosa darah dan A1C.PIXABAY/FRANSISCOJCESAR Tai chi dapat menjadi pilihan olahraga untuk penderita diabetes tipe 2 dan mampu membantu mengelola kadar glukosa darah dan A1C.
Tai chi adalah tradisi Tiongkok kuno. Para peserta akan mengikuti melalui serangkaian gerakan yang dilakukan dengan lambat dan santai sambil mempraktikkan pernapasan dalam.

Sebuah meta-analisis dari 14 studi yang diterbitkan pada Juli 2018 melalui Journal of Diabetes Research, menyimpulkan bahwa tai chi dapat menjadi pilihan olahraga untuk penderita diabetes tipe 2 dan mampu membantu mengelola kadar glukosa darah dan A1C.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com