Kompas.com - 26/10/2021, 10:41 WIB
Foto pada 12 Oktober 2021 memperlihatkan Ratu Elizabeth II asal Inggris pulang setelah menghadiri acara Service of Thanksgiving untuk menandai Centenary of the Royal British Legion di Westminster Abbey, London. AP PHOTO/FRANK AUSGTEINFoto pada 12 Oktober 2021 memperlihatkan Ratu Elizabeth II asal Inggris pulang setelah menghadiri acara Service of Thanksgiving untuk menandai Centenary of the Royal British Legion di Westminster Abbey, London.

KOMPAS.com - Pimpinan monarki Inggris yang berusia 95 tahun, Ratu Elizabeth baru saja menolak penghargaan Oldie of the Year.

Oldie of the Year Awards diberikan kepada sejumlah tokoh lansia yang dianggap memiliki pencapaian luar biasa sepanjang hidupnya.

Penghargaan ini diberikan secara tahunan sejak 29 tahun silam oleh The Oldie, majalah Inggris yang ditujukan untuk pembaca lanjut usia.

Penolakan ratu untuk penghargaan tersebut disampaikan dalam surat yang amat bersahabat dan sopan namun bernada tegas, dikutip dari BBC.

Alasannya, Ratu Elizabeth masih merasa berjiwa muda meskipun sudah memimpin Kerajaan Inggris selama tujuh dekade, rekor terlama di dunia.

"You are only as old as you feel", tulisnya soal alasan penolakan tersebut dalam suratnya. Namun ia menyampaikan harapan majalah tersebut memberikannya kepada tokoh lain yang lebih cocok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam surat jawaban resmi kerajaan yang ditulis langsung oleh asisten sekretaris pribadinya, Tom Laing-Baker, menyebutkan "Yang Mulia percaya Anda setua yang Anda rasakan, karena itu Ratu tidak yakin dia memenuhi kriteria yang relevan untuk dapat menerimanya, dan berharap Anda akan menemukan penerima yang lebih layak."

Baca juga: Ratu Elizabeth Terus Menyibukkan Diri Sejak Pangeran Philip Meninggal

Penulis dan penyiar Inggris, Gyles Brandreth yang merupakan ketua komite penghargaan tersebut mengatakan penolakan tersebut bukan sesuatu yang mengecewakan. Alih-alih, ia menilainya sebagai hal yang amat menyenangkan dengan menggunakan istilah 'lovely'.

"Mungkin di masa depan kita akan memanggil Yang Mulia sekali lagi," ujarnya mendoakan kesehatan Ratu Elizabeth. Surat penolakan itu kemudian juga diterbitkan dalam edisi terbaru majalah tersebut dan situs resminya.

Nenek dari Pangeran Harry tersebut diusulkan untuk menerima penghargaan tahunan ini karena kepemimpinannya selama pandemi yang dianggap positif. Hal ini juga bersamaan dengan perayaan ulang tahun kenaikan tahta yang akan digelar dalam waktu dekat.

Adapun, mendiang suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip juga pernah menolak anugerah Oldie of the Year ini. Duke of Edinburgh yang kala itu berusia 89 tahun juga enggan menerima penghargaan atas kontribusinya di usia senja pada masyarakat.

"Tidak ada yang seperti itu, secara moral, diingatkan bahwa tahun-tahun telah berlalu, bahkan jauh lebih cepat, dan waktu-waktu tersebut mulai meninggalkan bingkai kunonya. Namun sangat menyenangkan untuk setidaknya diingat," demikian bunyi penolakan yang juga disampaikan via surat resmi itu.

Baca juga: Gaya Eksentrik Ratu Elizabeth, Potong Kue dengan Pedang Seremonial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.