Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut yang Kencang

Kompas.com - Diperbarui 23/11/2022, 13:10 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ketika membicarakan soal cara membentuk otot perut, kebanyakan dari kita mungkin langsung terpikir dengan gerakan sit up atau crunch. Padahal, ada banyak jenis olahraga untuk membentuk otot perut yang dapat kita praktikkan.

Memiliki otot perut yang kuat dan tak berlemak adalah dambaan semua orang. Otot perut atau abdominal muscle (abs) adlaah otot-otot di sekitar perut dan pusar, yang sering kali disebut "six-packs" oleh awam.

Jika sedang mencari cara membentuk otot perut, fokus kita haruslah melakukan latihan yang dapat membangun kekuatan dan stabilitas otot inti. Namun sebelumnya, penting untuk fokus membakar lemak perut terlebih dahulu.

Selain itu, faktor genetik juga memengaruhi usaha pembentukan otot perut.

Sebab, beberapa orang secara genetik memiliki kecenderungan memiliki lemak perut.

Memang, bukan berarti orang-orang tersebut akan punya lemak perut selamanya. Hanya saja mereka butuh meningkatkan usaha latihan sebagai cara membentuk otot perut.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Cara membentuk otot perut

Melakukan latihan perut saja tidak akan bisa membuat kita membakar lemak perut. Sebagai bagian dari cara membentuk otot perut, kita harus berupaya menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan terlebih dahulu.PEXELS/ANDRES AYRTON Melakukan latihan perut saja tidak akan bisa membuat kita membakar lemak perut. Sebagai bagian dari cara membentuk otot perut, kita harus berupaya menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan terlebih dahulu.
Hal penting yang harus diingat adalah melakukan latihan perut saja tidak akan bisa membuat kita membakar lemak perut. Sebagai bagian dari cara membentuk otot perut, kita harus berupaya menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan terlebih dahulu.

Jadi, cara membentuk otot perut yang terbaik adalah menerapkan pola makan sehat dan menjalani program kebugaran komprehensif. Menargetkan pengurangan lemak di area tubuh tertentu tidaklah efektif.

Selain itu, olahraga yang kita lakukan juga tak harus selalu latihan perut. Banyak jenis olahraga mengharukan kita mengencangkan otot perut dan membuatnya jadi lebih kuat, misalnya latihan compound dan full-body seperti deadlift atau squat.

Meski begitu, sebagai permulaan, berikut cara membentuk otot perut yang dapat kita praktikkan:

1. Bent over rows

Bent over rows adalah olahraga yang menjadi salah satu cara membentuk otot perut karena melatih otot perut dan punggung.PEXELS/Tima Miroshnichenko Bent over rows adalah olahraga yang menjadi salah satu cara membentuk otot perut karena melatih otot perut dan punggung.
Ini adalah salah satu gerakan yang menjadi bagian dari cara membentuk otot perut karena melatih otot perut dan punggung.

Gunakan dummbell untuk melakukan bent over rows.

2. Bicycle crunch

Karena lemak perut menempel pada lingkar pinggang dan perut, melakukan kombinasi beberapa latihan perut dapat membantu memeranginya dan dapat menjadi olahraga mengecilkan perut buncit.PEXELS/ANNA SHVETS Karena lemak perut menempel pada lingkar pinggang dan perut, melakukan kombinasi beberapa latihan perut dapat membantu memeranginya dan dapat menjadi olahraga mengecilkan perut buncit.
Penelitian menyebutkan bahwa olahraga tanpa alat ini adalah salah satu cara membentuk otot perut terbaik karena melatih otot rectus abdominis.

3. Hanging leg raises

Hanging leg raises adalah salah satu cara membentuk otot perut yang sangat baik untuk dilakukan secara rutin. Pada posisi pull up, angkat kaki dalam posisi lurus.PEXELS/KETUT SUBIYANTO Hanging leg raises adalah salah satu cara membentuk otot perut yang sangat baik untuk dilakukan secara rutin. Pada posisi pull up, angkat kaki dalam posisi lurus.
Kita bisa memanfaatkan batang pull bar untuk melakukan hanging leg raises. Sebagai permulaan, kita juga bisa melakukannya sambil berbaring, hingga kemudian cukup menguasai gerakannya.

Leg raises adalah salah satu cara membentuk otot perut yang sangat baik untuk dilakukan secara rutin.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com