Kompas.com - 26/10/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi kucing Scottish Fold. PEXELS/ALLIE YOUNGIlustrasi kucing Scottish Fold.

KOMPAS.com - Tren melakukan pengembangbiakan atau breeding yang dilakukan pada hewan-hewan peliharaan seperti anjing dan kucing tidak bisa lagi dianggap sebagai sesuatu yang menarik.

Alih-alih menghasilkan hewan peliharaan yang lucu, praktik breeding, khususnya pada anjing maupun kucing dengan jenis ras tertentu, ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh seorang dokter hewan, yang videonya sedang viral di aplikasi TikTok, karena membagikan tentang bahayanya melakukan breeding terhadap hewan peliharaan.

Baca juga: Kucing Sering Tidur, Apa Sebabnya?

Ahli bedah hewan dan advokat hewan Inggris bernama Cat Henstridge itu mengunggah beberapa video di akun TikTok-nya @cat_the_vet.

Isi video tersebutmengenai hewan peliharaan yang menurut banyak orang lucu, namun sebetulnya tidak sama sekali.

Henstridge, yang juga mengelola sebuah blog hewan, menggunakan video untuk menyoroti dampak kesehatan breeding pada anjing dan kucing sebagai berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kucing scottish fold

Dalam video pertama, Henstridge mengalihkan perhatiannya ke kucing scottish fold yang memiliki telinga terlipat.

"Bukankah scottish fold terlihat sangat menggemaskan?" kata dia.

"Tapi, tahukah mengapa telinganya terlipat? Itu karena kucing ini memiliki tulang rawan yang lemah di dalamnya, yang membuatnya runtuh karena beratnya sendiri," sambung dia.

Dia juga menuturkan, akibat dari tulang rawan yang lemah itu, scottish fold rentan mengalami radang sendi yang sangat menyakitkan.

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.