Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 06/10/2022, 08:37 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Apakah kopi bisa menurunkan berat badan?

Jawabannya, bisa. Namun minum kopi saja tidak membantu kita untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, kita perlu menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan, termasuk menerapkan pola makan sehat, berolahraga, dan tidur cukup.

Kopi mungkin dapat sedikit membantu upaya penurunan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan, namun sebetulnya belum ada bukti tegas yang menyebutkan bahwa konsumsi kopi memicu penurunan berat badan.

Menurut Mayo Clinic, meski penelitian tentang hubungan kafein dan berat badan tidak definitif, ada beberapa teori tentang bagaimana kafein dalam kopi dapat menurunkan berat badan.

Pertama, kebiasaan minum kopi dapat menurunkan napsu makan. Menekan napsu makan dapat membantu kita makan lebih sedikit kalori, sehingga mencegah makan berlebih dan kenaikan berat badan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Hilangkan Lemak Perut

Kedua, kafein juga dapat meningkatkan penggunaan energi pada masa istirahat. Kafein menstimulasi termogenesis, salah satu cara tubuh menghasilkan panas dan energi dari aktivitas mencerna makanan.

Selain belum ada penelitian tentang kafein dan penurunan berat badan yang definitif, beberapa penelitian tersebut memiliki kualitas yang kurang baik atau baru diuji pada hewan, sehingga hasilnya meragukan atau sulit untuk digeneralisasikan pada manusia.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kopi tanpa kafein dapat berkontribusi pada penurunan berat badan sederhana. Ini menunjukkan bahwa zat atau faktor selain kafein mungkin berperan dalam penurunan berat badan.

Sekalipun kebiasaan minum kopi bisa membantu menurunkan berat badan, tetaplah berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, atau maksimal sekitar 400 miligram, dan dikonsumsi oleh orang dewasa sehat, kopi umumnya aman dikonsumsi.

Namun, terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, mual, peningkatan tekanan darah, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, cara menyajikan kopi juga sangat berpengaruh.

Minum kopi hitam tanpa gula mungkin dapat membantu kita mencapai target berat badan. Namun, minum kopi yang diberi pemanis tambahan, susu berlemak, atau bahkan krim, malah membuat kita mengonsumsi minuman tinggi kalori dan berisiko meningkatkan berat badan.

Jadi, apakah kopi bisa menurunkan berat badan?

Baca lebih lanjut untuk mendapatkan saran penyajian yang tepat sehingga kopi yang kita konsumsi bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Kesalahan Minum Kopi yang Perlu Dihindari

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com