Kompas.com - 27/10/2021, 08:11 WIB
Orangtua harus memahami kapan waktu yang tepat dan jenis makanan yang baik untuk bayi saat pertama kali memulai belajar menyantap makanan padat pendamping air susu ibu (ASI). PEXELS/Andrea Piacquadio Orangtua harus memahami kapan waktu yang tepat dan jenis makanan yang baik untuk bayi saat pertama kali memulai belajar menyantap makanan padat pendamping air susu ibu (ASI).

KOMPAS.com - Sumber gizi dan asupan utama bayi adalah air susu ibu atau ASI.

Namun setelah usia beberapa bulan, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI agar bayi terbiasa mengonsumsi makanan padat.

Pertanyaannya, kapan bayi dapat mulai memakan makanan padat?

Menurut dokter anak Radhai Prabhakaran, MD, bayi yang lahir tanpa memiliki masalah kesehatan bisa mengonsumsi makanan padat mulai usia 4-6 bulan.

Baca juga: Jangan Buru-buru Beri Makanan, Bayi Menangis Bukan Cuma karena Lapar

Pada anak yang lahir prematur atau lahir dalam kondisi cacat, kita perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau terapis anak sebelum melakukan transisi dari ASI ke makanan padat.

Prabhakaran menjelaskan tanda-tanda bayi sudah siap mengonsumsi makanan padat antara lain, bayi sudah bisa duduk tegak untuk makan dan mengambil makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bayi sudah mampu mengontrol kepala yang baik, ingin membuka mulut untuk makan, bisa meletakkan sendok di mulut, dan bisa memasukkan lidah untuk menelan makanan.

Makanan pertama terbaik untuk bayi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menganjurkan untuk memberikan makanan dengan bahan tunggal, tetapi boleh menggunakan sedikit bumbu.

"Bumbu juga tidak masalah, asalkan tidak terlalu banyak garam atau gula. Terlalu banyak tidak baik untuk ginjal bayi."

Makanan pertama yang diberikan kepada bayi

Makanan seperti sereal atau sereal gandum adalah makanan pertama yang cocok diberikan pada bayi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.