Kompas.com - 27/10/2021, 21:14 WIB
Mendengkur saat tidur sering kali dianggap sebagai kondisi yang biasa, misalnya tanda bahwa seseeorang tidur nyenyak. Padahal, mendengkur juga bisa menjadi gejala obstructive sleep apnea (OSA). FREEPIK/JCOMPMendengkur saat tidur sering kali dianggap sebagai kondisi yang biasa, misalnya tanda bahwa seseeorang tidur nyenyak. Padahal, mendengkur juga bisa menjadi gejala obstructive sleep apnea (OSA).

KOMPAS.com - Mendengkur saat tidur sering kali dianggap sebagai kondisi yang biasa, misalnya tanda bahwa seseeorang tidur nyenyak. Padahal, mendengkur juga bisa menjadi gejala obstructive sleep apnea (OSA).

Obstructive sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur akibat sumbatan jalan napas dan otot di belakang tenggorokan.

Ketika menderita obstructive sleep apnea, kualitas tidur seseorang akan menurun sehingga proses pembentukan imun tidak terjadi.

Dokter spesialis THT - bedah kepala dan leher konsultan laring faring, Dr dr Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), FICS mengatakan, masalah terbesar akibat obstructive sleep apnea adalah masalah kardiovaskular.

Sayangnya, kondisi ini masih belum banyak diperhatikan.

"Mendengkur yang bahaya ini seperti fenomena gunung es, seperti sedikit padahal banyak sekali. Karena terjadinya ketika tidur jadi orang tidak terlalu memerhatikan, apalagi kalau tidurnya sendiri."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian diungkapkan oleh Fauziah dalam diskusi media secara virtual, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Anak Juga Bisa Alami Sleep Apnea, Kenali Gejalanya

Gejala mendengkur yang berbahaya

Penting untuk mengenali gejala mendengkur yang berbahaya akibat obstructive sleep apnea, sehingga kita bisa berkonsultasi segera dengan dokter.PEXELS/KAMPUS Penting untuk mengenali gejala mendengkur yang berbahaya akibat obstructive sleep apnea, sehingga kita bisa berkonsultasi segera dengan dokter.

Tidak semua mendengkur perlu penanganan medis. Penting untuk mengenali gejala mendengkur yang berbahaya akibat obstructive sleep apnea, sehingga kita bisa berkonsultasi segera dengan dokter.

"Ada mendengkur yang tidak berbahaya, tapi ada yang berbahaya sehingga pasangan tidurnya ketakutan dengan dengkuran itu," ucap dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah - Pondok Indah itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.