Kompas.com - 28/10/2021, 09:12 WIB
Beberapa jenis buah yang sering mudah ditemukan di sekeliling kita sangat baik dikonsumsi sebagai buah untuk diet. PEXELS/LISABeberapa jenis buah yang sering mudah ditemukan di sekeliling kita sangat baik dikonsumsi sebagai buah untuk diet.

KOMPAS.com - Beberapa jenis buah mudah ditemukan di sekeliling kita dan sangat baik dikonsumsi sebagai buah untuk diet.

Memang, tidak ada satu pun pilihan buah terbaik untuk mensukseskan program diet. Namun, substansi yang terkandung di dalam buah, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan prebiotik, sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Sekalipun kita banyak makan sayur, melewatkan makan buah bisa membuat kita kehilangan antioksidan yang tersedia di dalamnya.

Penelitian menunjukkan keterkaitan konsumsi buah dan penurunan berat badan.

Melansir Health, sebuah studi yang diterbitkan melalui jurnal Nutrition pada 2010 menemukan, di antara orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, peserta penelitian yang lebih banyak makan buah berhasil menurunkan berat badan lebih banyak daripada peserta yang tidak memakannya.

Studi lain, yang diterbitkan melalui jurnal PLoS Medicine pada 2015 mengikuti lebih dari 130.000 orang dewasa selama lebih dari 24 tahun. Peneliti menemukan bahwa konsumsi buah berkaitan dengan penurunan berat badan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Itulah mengapa, jika mencari tahu tentang buah untuk diet, hal yang penting untuk dicatat adalah mengonsumsi berbagai jenis buah sehingga tubuh mendapatkan nutrisi dan antioksidan yang beragam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 12 Camilan Sehat dan Lezat untuk yang Sedang Diet

Buah untuk diet

Meskipun mengonsumsi buah untuk diet adalah hal yang baik dan bisa membantu kita meraih target penurunan berat badan lebih cepat, kita tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah moderat.

Buah mengandung gula alami. Terlalu banyak konsumsi gula tetap dapat mengganggu target diet kita.

Jadi, jika mengonsumsi buah untuk diet, pendiri Real Nutrition, Amy Saphiro, RD menganjurkan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari dua porsi sehari atau tiga porsi pada individu aktif, seperti dilansir Women's Health.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.