Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai, 13 Gejala Penyakit Ginjal yang Mungkin Tak Disadari

Kompas.com - 29/10/2021, 08:45 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Penyanyi sekaligus pencipta lagu, Oddie Agam, meninggal dunia pada Rabu (27/10/2021). Sebelum mengembuskan napas, Oddie sempat dilarikan ke rumah sakit dan kritis karena mengalami kerusakan ginjal.

Berkaca pada kasus ini, penting untuk diketahui bahwa gejala penyakit ginjal cenderung tidak spesifik. Gejala penyakit ginjal juga mungkin tidak dapat dikenali di tahap awal.

Menurut Mayo Cliinic, penyakit ginjal kronis pada awalnya mungkin hanya menunjukkan beberapa gejala. Di tahap tersebut, seseorang mungkin belum menyadari memiliki masalah ginjal, sebelum kondisinya semakin memburuk.

Gejala penyakit ginjal juga sebetulnya tidak spesifik untuk penyakit ini saja. Deteksi dini dapat membantu mencegah penyakit ginjal sejak dini dan mencegahnya berkembang menjadi kondisi yang lebih parah hingga gagal ginjal.

Baca juga: Oddie Agam Alami Kerusakan Ginjal, Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Gagal Ginjal?

Gejala penyakit ginjal

Gejala penyakit ginjal biasanya baru muncul ketika kerusakan sudah lebih dari 60 persen.SHUTTERSTOCK Gejala penyakit ginjal biasanya baru muncul ketika kerusakan sudah lebih dari 60 persen.
Ginjal adalah bagian dari sistem saluran kemih (urinary system).

Organ ini berfungsi tak hanya menyaring dan membuang racun tubuh dan air, tetapi juga mengatur beberapa jenis hormon, mengendalikan tekanan darah, sera menjaga keseimbangan asam-basa dalam darah.

Menurut buku Dari Diabetes Menuju Ginjal yang ditulis oleh Hans Tandra (2018), ginjal bisa rusak jika saringannya bocor.

Maksudnya, pada kondisi tersebut dinding kapiler glomerulus rusak atau masalah timbul di nefron yang merupakan unit terkecil dalam ginjal.

Tubuh manusia memiliki jutaan nefron. Oleh karena itu, sedikit saja kerusakan tidak akan menimbulkan keluhan.

Itulah mengapa, kebanyakan penyakit ginjal sebetulnya tidak memberikan gejala yang terasa seperti penyakit.

Keluhan sakit pinggang, misalnya, itu belum tentu merupakan pertanda sakit ginjal.

Lalu, orang bisa saja mengeluhkan adanya pembengkakan pada kedua kaki, tetapi itu bisa saja disebabkan gangguan jantung, ginjal, liver, atau kekurangan albumin.

Ada pula yang menyebutkan kencing berbusa terjadi akibat sakit ginjal, padahal itu juga belum tentu.

"Keluhan seseorang yang terkena masalah ginjal sebenarnya sama sekali tidak khas dan pada tahap awal acap kali terjadi kerusakan tanpa gejala," tulis Hans dalam bukunya.

Baca juga: Oddie Agam Meninggal Dunia Alami Kerusakan Ginjal, Ini Cara Memeriksa Tanda Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal biasanya baru muncul ketika kerusakan sudah lebih dari 60 persen.

Ada tidaknya kelainan pada ginjal seharusnya hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan urine dan darah.

Namun, ada setidaknya 13 gejala penyakit ginjal yang mungkin dapat dikenali, yakni:

1. Kelelahan

Rasa capek atau kelelahan, tak bertenaga dan sulit berkonsentrasi juga bisa merupakan tgejala penyakit ginjal.FREEPIK/TIRACHARDZ Rasa capek atau kelelahan, tak bertenaga dan sulit berkonsentrasi juga bisa merupakan tgejala penyakit ginjal.
Rasa capek atau kelelahan, tak bertenaga dan sulit berkonsentrasi juga bisa merupakan tgejala penyakit ginjal.

Meskipun, kelelahan tentunya bukan gejala khas dan bisa disebabkan oleh sejumlah masalah kesehatan lain.

Pada penderita penyakit ginjal, kelelahan mungkin terjadi karena banyak racun menumpuk di darah.

Kita harus lebih waspada jika tanda ini disertai kulit pucat dan kurang darah. Sebab, anemia adalah salah satu tanda penyakit ginjal yang sudah menahun.

Baca juga: Merasa Lelah Fisik dan Emosional? Waspadai Krisis Kelelahan

2. Susah tidur

Susah tidur tak melulu menjadi gejala penyakit ginjal, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Pada penderita penyakit ginjal, ini bisa terjadi karena racun tidak bisa terbuang secara tuntas oleh ginjal.SHUTTERSTOCK Susah tidur tak melulu menjadi gejala penyakit ginjal, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Pada penderita penyakit ginjal, ini bisa terjadi karena racun tidak bisa terbuang secara tuntas oleh ginjal.
Ini juga bukan hanya gejala penyakit ginjal, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal.

Pada penderita penyakit ginjal, ini bisa terjadi karena racun tidak bisa terbuang secara tuntas oleh ginjal.

Terlebih jika kondisi ini sesekali disertai sesak napas saat tidur.

Baca juga: 13 Penyebab Susah Tidur dan Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

3. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal bisa menjadi gejala penyakit ginjal karena gangguan dan banyaknya racun yang menimbun dalam darah.UNSPLASH/HICHEM DAHMANI Kulit kering dan gatal bisa menjadi gejala penyakit ginjal karena gangguan dan banyaknya racun yang menimbun dalam darah.
Kulit kering dan gatal bisa menjadi gejala penyakit ginjal karena gangguan dan banyaknya racun yang menimbun dalam darah.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi

4. Rasa sering ingin buang air kecil

Urgensi untuk buang air kecil juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Ini terjadi terutama terjadi di malam hari.freepik Urgensi untuk buang air kecil juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Ini terjadi terutama terjadi di malam hari.
Urgensi untuk buang air kecil juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Ini terjadi terutama terjadi di malam hari. Selain akibat prostat yang membesar, kondisi ini juga mungkin terjadi akibat adanya masalah pada ginjal.

Baca juga: 10 Penyebab Sering Buang Air Kecil, Bisa Jadi Gejala Penyakit

5. Ada darah pada urine

Kencing darah juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Beberapa keadaan bisa menyebabkan adanya darah pada urine, seperti tumor, batu, infeksi, dan ginjal bocor.SHUTTERSTOCK Kencing darah juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Beberapa keadaan bisa menyebabkan adanya darah pada urine, seperti tumor, batu, infeksi, dan ginjal bocor.
Kencing darah juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal.

Beberapa keadaan bisa menyebabkan adanya darah pada urine, seperti tumor, batu, infeksi, dan ginjal bocor.

Baca juga: 8 Penyebab Kencing Darah Bisa Jadi Tanda Penyakit Apa Saja

6. Kencing berbuih atau berbusa

Kondisi lainnya yang mungkin menjadi gejala penyakit ginjal adalah kencing berbuih atau berbusa.SHUTTERSTOCK Kondisi lainnya yang mungkin menjadi gejala penyakit ginjal adalah kencing berbuih atau berbusa.
Kondisi lainnya yang mungkin menjadi gejala penyakit ginjal adalah kencing berbuih atau berbusa.

Jika setelah disiram beberapa kali buih atau busa masih tertinggal, mungkin ada protein dalam air kencing, yang menandakan adanya kebocoran saringan.

Baca juga: 4 Penyebab Kencing Berbusa dan Cara Mengatasinya

7. Mata sembap

Gejala penyakit ginjal lainnya termasuk mata sembap, terutama ketika bangun tidur dan biasanya berkurang atau hilang pada siang hari.SHUTTERSTOCK Gejala penyakit ginjal lainnya termasuk mata sembap, terutama ketika bangun tidur dan biasanya berkurang atau hilang pada siang hari.
Gejala penyakit ginjal lainnya termasuk mata sembap, terutama ketika bangun tidur dan biasanya berkurang atau hilang pada siang hari.

Kondisi menandakan kekurangan albumin karena protein bocor dan keluar lewat urine.

Namun, menurut National Kidney Foundation, gejala penyakit ginjal yang satu ini biasanya juga berkaitan dengan kondisi kesehatan lain, sehingga sering kali orang-orang tidak mengiranya penyakit ginjal atau penyakit jantung.

Baca juga: 12 Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

8. Kedua kaki dan betis bengkak

Kaki bengkak bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal.Shutterstock/JOKE_PHATRAPONG Kaki bengkak bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal.
Kondisi ini bisa terjadi karena kekurangan albumin.

Namun, pembengkakan dalam konteks gejala penyakit ginjal mungkin juga terjadi pada tangan dan pergelangan kaki.

National Kidney Foundation menjelaskan, ginjal berfungsi menyaring limbah dari darah dan membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine.

Ketika fungsi ginjal tidak dapat berjalan dengan baik, cairan ini bisa tetap berada di sistem tubuh. Itulah mengapa pembengkakan di sekitar tangan, kaki, dan pergelangan kaki kerap dikaitkan dengan gagal ginjal atau jantung dan tidak boleh diabaikan.

Baca juga: 7 Penyebab Kaki Bengkak Terkait Gejala Penyakit Apa Saja

9. Nafsu makan berkurang

Berkurangnya napsu makan juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal.FREEPIK/DIANA.GRYTSKU Berkurangnya napsu makan juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal.
Meski bisa timbul karena berbagai penyebab, namun nafsu makan berkurang bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal.

Penyebabnya, racun yang menumpuk karena tak terbuang oleh ginjal membuat orang yang bermasalah dengan ginjal enggan makan, bahkan bisa merasakan mual dan muntah.

Kondisi ini juga bisa disertai berat badan yang menurun drastis.

Baca juga: 5 Penyebab Kehilangan Nafsu Makan yang Harus Diwaspadai

10. Mual dan muntah

Mual dan muntah bukan gejala khas penyakit tertentu, namun perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit ginjal. Kondisi ini bisa terjadi akibat pengaruh racun yang menimbun dalam darah.PIXABAY/NASYTA_GEPP Mual dan muntah bukan gejala khas penyakit tertentu, namun perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit ginjal. Kondisi ini bisa terjadi akibat pengaruh racun yang menimbun dalam darah.
Mual dan muntah bukan gejala khas penyakit tertentu, namun perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit ginjal. Kondisi ini bisa terjadi akibat pengaruh racun yang menimbun dalam darah.

Baca juga: Iritasi Usus hingga Stres, Ini 7 Penyebab Mual Setelah Makan

11. Otot kram dan kejang

Otot keram dan kejang juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Kondisi ini umumnya terjadi di daerah betis karena kekurangan kalsium akibat penyakit ginjal menahun.Shutterstock/Kittima05 Otot keram dan kejang juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Kondisi ini umumnya terjadi di daerah betis karena kekurangan kalsium akibat penyakit ginjal menahun.
Otot keram dan kejang juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Kondisi ini umumnya terjadi di daerah betis karena kekurangan kalsium akibat penyakit ginjal menahun.

Baca juga: Penyebab Kram Kaki Saat Tidur dan Cara Mencegahnya

12. Kulit berwarna biru dan perdarahan di bawah kulit

Gejala penyakit ginjal bisa termasuk kulit yang membiru dan adanya pendarahan di bawah kulit. Kondisi ini bisa terjadi karena gangguan pembekuan darah. Gejala penyakit ginjal bisa termasuk kulit yang membiru dan adanya pendarahan di bawah kulit. Kondisi ini bisa terjadi karena gangguan pembekuan darah.
Gejala penyakit ginjal bisa termasuk kulit yang membiru dan adanya pendarahan di bawah kulit. Kondisi ini bisa terjadi karena gangguan pembekuan darah.

Baca juga: Kaki Bengkak pada Wanita Hamil, Apa yang Terjadi?

13. Sesak napas

Sesak napas juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Ketika cairan menumpuk di dalam tubuh atau asidosis (banyak asam dalam darah), sesak napas bisa muncul.SHUTTERSTOCK/TY LIM Sesak napas juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Ketika cairan menumpuk di dalam tubuh atau asidosis (banyak asam dalam darah), sesak napas bisa muncul.
Sesak napas juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Ketika cairan menumpuk di dalam tubuh atau asidosis (banyak asam dalam darah), sesak napas bisa muncul.

Baca juga: 8 Alasan Sesak Napas Saat Tidur di Malam Hari, Kenali Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com