Kompas.com - 29/10/2021, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak penyebab perut buncit, termasuk pola makan buruk, kurang gerak dan olahraga, dan stres. Melakukan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan, dapat membantu menghilangkan lemak perut dan tampilan perut buncit.

Ada dua jenis lemak yang menjadi penyebab perut buncit, yakni lemak viseral dan lemak subkutan.

Medical News Today menjelaskan, lemak viseral adalah jenis lemak yang berada di sekeliling organ di area perut, sementara lemak subkutan adalah lemak yang ada di balik kulit.

Komplikasi kesehatan akibst lemak viseral lebih berbahaya daripada lemak subkutan.

Perut buncit dan kelebihan berat badan secara umum dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti peningkatan risiko, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, serangan jantung, dan penyakit jantung.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Makanan penyebab perut buncit

Menurut The Healthy, berikut sejumlah jenis makanan penyebab perut buncit yang perlu diwaspadai dan dibatasi agar konsumsinya tidak berlebihan:

1. Makanan tinggi karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat sederhana secara rutin untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan resistensi insulin, peradangan, kegemukan dan obesitas, dan lainnya, yang pada akhirnya juga bisa menjadi makanan penyebab perut buncit.SHUTTERSTOCK Mengonsumsi karbohidrat sederhana secara rutin untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan resistensi insulin, peradangan, kegemukan dan obesitas, dan lainnya, yang pada akhirnya juga bisa menjadi makanan penyebab perut buncit.
Tidak semua karbohidrat buruk. Karbohidrat bahkan dibutuhkan oleh tubuh untuk menyediakan energi.

Spesialis kesehatan wanita integratif dari Massachusetts Barat, Aviva Romm, MD mengatakan, karbohidrat kompleks seperti ubi jalar dan nasi merah baik untuk dikonsumsi, selama jumlahnya tidak berlebihan.

Namun, sumber karbohidrat sederhana, seperti roti putih atau nasi putih dapat menyebabkan lonjakan gula dan insulin, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Mengonsumsi karbohidrat sederhana secara rutin untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan resistensi insulin, peradangan, kegemukan dan obesitas, dan lainnya, yang pada akhirnya juga bisa menjadi makanan penyebab perut buncit.

Baca juga: Ketahui Berapa Jumlah Kalori Nasi Putih yang Dimakan Setiap Hari

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.