Kompas.com - 29/10/2021, 14:33 WIB
Jika mencari cara membentuk otot perut, penting untuk menghilangkan lemak perut terlebih dahulu. FREEPIK/JCOMPJika mencari cara membentuk otot perut, penting untuk menghilangkan lemak perut terlebih dahulu.

KOMPAS.com – Lemak perut atau lemak visceral memang sulit dihilangkan, dan dibutuhkan diet sehat serta olahraga rutun untuk menurunkan kadar lemak berbahaya yang berkumpul di bagian tengah tubuh kita tersebut.

Namun demikian, rupanya ada satu hal yang bisa ditambahkan ke dalam rangkaian pola makan sebagai bagian dari usaha untuk menghilangkan si lemak jahat ini.

Namun, sebelum membahas tentang apa yang harus dilakukan untuk membasmi lemak visceral, sebaiknya kita memahami dulu apa yang membuat lemak satu ini disebut berbahaya.

Baca juga: Mengapa Lemak Visceral Berlebih Memicu Gangguan Kesehatan Kronis?

Tidak seperti lemak subkutan alias lemak di bawah kulit yang bisa dicubit, lemak visceral mengelilingi organ lain di sekitar abdomen, seperti perut, hati, dan usus.

Nah, lemak visceral yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme yang serius.

Potensi gangguan tersebut antara lain penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak, sindrom ovarium polikistik, dan apnea tidur.

Lalu, menurut Harvard Medical School, khusus pada wanita, lemak visceral juga dikaitkan dengan kanker payudara dan kebutuhan untuk operasi kandung empedu.

Intinya, semakin banyak lemak visceral, semakin tinggi peluang untuk mengalami penyakit tersebut.

Mengurangi lemak visceral

Usaha untuk mengurangi lemak visceral dapat dilakukan dengan menambahkan suplemen protein ke dalam rutinitas makan harian.

Sebab, beberapa penelitian terbukti menemukan kaitan antara konsumsi protein dan hilangnya lemak visceral.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.