Kompas.com - 30/10/2021, 15:23 WIB

KOMPAS.comFacebook secara resmi berganti nama menjadi Meta. Keputusan ini diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg selaku CEO dalam Facebook Connect Conference, Kamis (28/10/2021).

Mark ingin Meta menjadi perusahaan penyedia teknologi masa depan yang tidak lagi berfokus pada layanan media sosial, seperti citra Facebook sebelumnya.

Nama Meta yang berasal dari kata “metaverse” dipilih Mark untuk menggambarkan visi perusahaannya yang ingin melampaui batas dan memberikan pengalaman interaktif secara virtual yang lebih baik kepada pengguna.

“Saatnya kita bergerak melampaui apa yang mungkin hari ini, melampaui batasan layar, melampaui batas jarak dan fisik, dan menuju masa depan di mana setiap orang dapat terhubung satu sama lain,” ujar Mark.

“Juga menciptakan peluang baru dan merasakan hal-hal baru. Ini adalah masa depan yang melampaui satu perusahaan dan akan dibuat oleh kita semua,” tambahnya.

Dalam Facebook Connect Conference, mantan mahasiswa Harvard ini memaparkan sejumlah misi dan ambisinya untuk mengembangkan Meta bagi teknologi masa depan manusia yang lebih mutakhir. Lalu, apa sajakah itu?

1. Menyiapkan dana triliunan rupiah untuk ekspansi pengembangan teknologi Meta

Mark mengatakan laporan laba usaha pada kuartal III (Q3) bahwa mereka akan menganggarkan sekitar 10 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 142 triliun untuk investasi ekspansi Meta dan berkomitmen akan menambah jumlah investasi dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai bagian dari ekspansi ini, perusahaannya akan memisahkan laporan keuangan dari Facebook Reality Labs (FRL) –yang merupakan penelitian dan pengembangan virtual dan augmented reality- pada Q4 mendatang.

Di bawah struktur yang baru, Facebook akan merilis pendapatan dan laba operasi aplikasinya, termasuk Facebook, Instagram, Messenger dan WhatsApp, dalam satu laporan dan pembaruan di FRL dalam laporan kedua.

Konsep metaverse, bisa ke mana-mana tanpa harus hadir fisik Konsep metaverse, bisa ke mana-mana tanpa harus hadir fisik
2. Menjadikan Metaverse sebagai evolusi terbaru dari teknologi sosial

Dengan pergantian nama Facebook menjadi Meta, Mark ingin perusahaannya memberikan pengalaman interaksi secara hybrid, yang dapat diperluas ke tiga dimensi yang berbeda dan dapat diproyeksikan ke dunia nyata.

Halaman:
Sumber Hypebeast


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.