Kompas.com - 31/10/2021, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Jalan kaki selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 100-300 kalori atau 200-600 kalori jika melakukannya selama satu jam. Namun, jumlah kalori yang terbakar tentu ditentukan pula oleh sejumlah faktor, seperti berat badan, serta intensitas jalan kaki dan medan yang ditempuh.

Untuk seseorang dengan berat badan sekitar 70 kg, misalnya, jalan kaki 30 menit membakar sekitar 149 kalori.

Meski manfaat jalan kaki 30 menit sangat baik bagi kesehatan, sebagian orang kurang menyukai jenis aktivitas ini atau mungkin tak punya waktu untuk melakukannya.

Kabar baiknya, beberapa aktivitas rumah tangga ternyata bisa membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit atau bahkan lebih.

Baca juga: Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori?

Aktivitas Rumahan yang membakar kalori

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menuliskan ada sejumlah pilihan aktivitas berbeda yang dapat membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit, seperti mendaki, lari, berkebun, dan menari.

Sementara artikel yang dipublikasikan Harvard Medical School menyebut aktivitas tersebut bisa berupa aktivitas luar ruangan maupun aktivitas rumah tangga.

Berikut sejumlah aktivitas rumah tangga yang dapat membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit atau bahkan lebih, antara lain:

1. Berkebun

Tak hanya menyenangkan, berkebun juga menjadi aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori. PIXABAY/ALEX FOX Tak hanya menyenangkan, berkebun juga menjadi aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori.
Tak hanya menyenangkan, berkebun juga menjadi aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori. Menurut EatingWell, berkebun selama 30 menit diperkirakan bisa membakar sekitar 167 kalori.

Dengan berkebun, kita juga cenderung tidak merasa seperti melakukan olahraga. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga rutinitas aktivitas fisik tanpa merasa terbebani.

Nilai tambahnya, kita bisa memiliki kebun yang cantik!

Baca juga: 5 Tips Berkebun di Apartemen bagi Pemula

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.